News Rabu, 27 April 2022 | 20:04

Puncak Perayaan Paskah Nasional 17 Mei 2022 di Talaud Sulawesi Utara

Lihat Foto Puncak Perayaan Paskah Nasional 17 Mei 2022 di Talaud Sulawesi Utara Tema Paskah PGI Tahun 2022 (Foto: PGI)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Pandemi Covid-19 mulai melandai. Perayaan Paskah Nasional 2022 pun bisa digelar setelah mendapat restu dari pemerintah.

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud didukung delapan organisasi gereja, yakni Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI), Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), Persekutuan Gereja-gereja dan Lembaga Injili Indonesia (PGLII).

Kemudian, Persekutuan Gereja-gereja Pantekosta di Indonesia {PGPI), Persekutuan Baptis di Indonesia (PBI), Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh (GMAHK), Bala Keselamatan, dan Gereja Ortodoks Indonesia (GOI), mendapat mandat untuk melaksanakan Paskah Nasional 2022.

Tema Paskah adalah “Tak Terpisahkan Dari kasih Allah” (Bdk. Roma 8:38-39). Merefleksikan dua hal.

"Pertama, apapun kesulitan dan beban berat yang dipikul pada saat ini, Kasih Allah yang telah dinyatakan kepada kita melalui kematian dan kebangkitan Kristus selalu beserta kita," kata Kepala Humas PGI Jeirry Sumampow dalam rilis yang diterima Rabu, 27 April 2022. 

"Kedua, Kasih Allah di dalam Yesus Kristus adalah kenyataan yang paling berharga. Dengan memiliki-Nya, kita bisa merasa cukup, bersyukur, dan berbahagia, sekalipun banyak hal yang terambil dari kita," imbuhnya.

Dikatakan, Paskah Nasional 2022 berbeda dari perayaan-perayaan sebelumnya. Karena diisi berbagai kegiatan. 

Diawali ibadah bersama di gedung Germita Bukit Sinai, Melonguane, Kabupaten Talaud. Setelah itu digelar “Jalan Salib” di mana Salib Paskah diarak menuju monumen Tuhan Yesus Raja Memberkati di Melonguane, Ibu Kota Kabupaten Kepulauan Talaud, pada Kamis, 14 April 2022 lalu.

Berikutnya simposium nasional pada 10-15 Mei 2022. Mengenai nilai-nilai Paskah yang dikontribusikan bagi pembangunan nasional. 

Baca juga:

Hari Raya Paskah dan Bulan Suci Ramadhan 2022, RMI NTT Bangun Toleransi dan Nasionalisme

Puncaknya pada Selasa, 17 Mei 2022, di Melonguane, Ibu Kota Kabupaten Talaud, yang diisi dengan ibadah dan perayaan. Rencananya akan dihadiri langsung Presiden Jokowi dan sejumlah menteri.

Kegiatan terakhir adalah pencanangan gerakan pembangunan daerah perbatasan secara nasional pada 23 Mei 2022 di Kabupaten Kepulauan Talaud. 

"Seluruh rangkaian kegiatan akan ditutup dengan pengucapan syukur yang dikolaborasikan dengan kegiatan adat dan budaya Talaud," kata Jeirry.

Ketua Umum Panitia Paskah Nasional 2022, Dr Jan Samuel Maringka, mengajak seluruh umat Kristen untuk hadir bersama-sama dan mendoakan kegiatan.

 “Saya mengajak semua umat Kristiani di Indonesia merayakan Paskah secara mendalam. Hayati Kasih Allah yang luar biasa itu, lakukan kebaikan bagi sesama dan senantiasa menjadi saksi-Nya dalam kehidupan sehari-hari,” katanya.

Bupati Kepulauan Talaud, Elly Engelbert Lasut menegaskan, masyarakatnya serta seluruh unsur pendukung, juga pemerintah Sulawesi Utara bersama dengan lembaga gereja aras nasional, akan menyambut dengan penuh sukacita kedatangan seluruh umat Kristen di Kabupaten Kepulauan Talaud untuk bersama-sama merayakan Paskah Nasional 2022.

“Mari kita hadir bersama di Melonguane Talaud. Kami menyambut semua peserta yang hadir dengan gembira dan sukacita,” katanya.

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, mengajak seluruh umat Kristen di Indonesia mendukung dan mendoakan pelaksanaan Paskah Nasional 2022.

Menurut Olly, merayakan Paskah adalah merayakan Kasih Allah yang dicurahkan kepada manusia, melalui peristiwa agung, kematian dan kebangkitan Yesus Kristus. 

"Kasih Allah inilah yang memegang kita dengan erat dan kuat, sesuai dengan tema Paskah Nasional 2022, Tak Terpisahkan Dari kasih Allah (Roma 8:38-39)," katanya.

Guna suksesnya Paskah Nasional 2022, dilaksanakan acara doa bersama pada Rabu, 27 April 2022 di GPIB Immanuel Jakarta. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya