Daerah Jum'at, 10 November 2023 | 19:11

Rapai Geleng Abdya Kantongi Juara 1 di PKA ke-8

Lihat Foto Rapai Geleng Abdya Kantongi Juara 1 di PKA ke-8 Pengunjung padati anjungan Kabupaten Abdya di PKA ke-8 Banda Aceh. (Foto: Opsi/Syamsurizal).
Editor: Rio Anthony

 

Aceh Barat Daya - Rapai Geleng, Tim Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) diumumkan sebagai juara I atau penyajian terbaik I pada Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-8 di Taman Sulthanah Safiatuddin, Banda Aceh.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Abdya, Gusvizarni melalui Wakil Ketua Bidang Sekretariat PKA 8 Abdya, Usmadi, membenarkan raihan itu.

Kata dia, penyajian kesenian WBTB (Warisan Budaya Tak Benda), yaitu kesenian Rapai Geleng, Tim Abdya meraih juara 1 atau penyajian terbaik I.

"Alhamdulillah benar (juara 1)," kata Usmadi, Jumat, 10 November 2023.

"Kontingen Abdya juga meraih juara 3 Enggrang, juara harapan 1 Catoe Rimung dan juara harapan 2 Geulayang Tunang," katanya singkat.

Diketahui, Kabupaten Aceh Barat Daya ikut terlibat dalam Pekan Kebudayaan Aceh ke-8 di Banda Aceh. Seperti anjungan-anjungan seluruh kabupaten/kota di Aceh, anjungan Abdya juga menampilkan beragam rempah-rempah dan koleksi peninggalan sejarah yang ada di kabupaten itu.

Selama pelaksanaan PKA ke-8, ajungan Abdya juga sangat sering dikunjungi oleh masyarakat yang datang ke lokasi dari berbagai Kab/kota di Provinsi Aceh. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya