News Rabu, 17 November 2021 | 10:11

Relawan Minta Jokowi Ganti Menteri, Nama Erick Thohir dan Tito Karnavian Disebut

Editor: Eno Dimedjo Reporter: , Victor Jo

Jakarta - Ketua Umum Relawan Jokowi Mania (Joman), Imanuel Ebenezer, meminta kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar segera mengganti Erick Thohir yang duduk di kursi Menteri BUMN lewat perombakan (reshuffle) Kabinet Indonesia Maju dalam waktu dekat.

Imanuel mengatakan, reshuffle mutlak diperlukan melihat kinerja sejumlah menteri yang jauh dari harapan. Terlebih, beberapa pembantu Presiden baru-baru ini juga dirundung polemik bisnis PCR sewaktu pandemi Covid-19 melanda Indonesia.

"Memang harus ada reshuffle. Enggak bisa enggak," ujar Imanuel Ebenezer kepada wartawan, dikutip Opsi pada Rabu, 17 November 2021.

"Sekarang kita tambah lagi mereka yang terlibat kasus PCR itu harus di reshuffle juga. Luhut (LBP) juga, Erick (Erick Thohir) juga, Bahlil Lahadalia juga," kata dia.

Imanuel mengaku bahwa pihaknya telah mengusulkan sejumlah nama ke Presiden Jokowi sebelum perombakan kabinet pertama dilakukan.

Nama-nama itu adalah Mendagri, Tito Karnavian, Menteri Pertanian, Yasin Limpo, Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi, dan Menteri ATR, Sofyan Djalil.

Kendati begitu, penggantian Erick Thohir dari kursi menteri saat ini begitu mendesak untuk dilakukan mengingat polemik bisnis PCR yang terus bergulir. Imanuel khawatir, isu ini bakal merusak citra Presiden Jokowi apabila tidak mendapat perhatian serius.

"Lah itu yang jadi persoalan. Kalau Presiden Jokowi tidak mengambil keputusan yang cepat dan tepat, isu PCR ini akan mengotori pemerintahan itu sendiri. Jadi, segeralah dilakukan reshuffle," kata dia.

Diberitakan sebelumnya, isu perombakan (reshuffle) kabinet Indonesia Maju kembali menyeruak ke permukaan menyusul digantinya Panglima TNI Hadi Tjahjanto yang memasuki masa pensiun. Sang jenderal, disebut-sebut bakal dimasukkan ke dalam kabinet pimpinan Presiden Jokowi.

Kabarnya, perombakan kabinet akan dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada pekan ini, atau tepatnya pada Rabu, 17 November 2021.

Desas-desus mengenai adanya perombakan kabinet mulai mencuat menyusul masuknya PAN ke dalam koalisi pendukung pemerintahan. Pasalnya, hingga kini partai biru tersebut belum mendapatkan jatah kursi di Kabinet Indonesia Maju. []

 

 

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya