News Rabu, 19 Juli 2023 | 18:07

Sandiaga ke Samosir Kunjungi Desa Wisata Hariarapohan dan Bukit Holbung

Lihat Foto Sandiaga ke Samosir Kunjungi Desa Wisata Hariarapohan dan Bukit Holbung Bukit Holbung. (Foto: Twitter)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno beserta Tim Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) bakal mengunjungi Kabupaten Samosir, Sumatra Utara pada Kamis, 20 Juli 2023.

Sandiaga dan tim akan menuju Desa Wisata Hariarapohan di Kecamatan Harian. Desa ini masuk dalam 75 Besar ADWI 2023.

Desa Hariarapohan adalah salah satu desa di Kawasan Danau Toba yang memiliki sumber daya alam yang melimpah dan juga adat istiadat kebudayaan suku Batak. 

Desa Hariarapohan berada di Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, memiliki keindahan pemandangan alam yang bisa dinikmati, antara lain Bukit Holbung, Perkebunan Kopi, Perkebunan Alpukat, dan Irigasi Persawahan. 

Selain itu, terdapat juga rumah adat Bolon dan Sarkofagus Makam Raja Simarmata. Terdapat banyak hewan ternak lembu atau sapi, kerbau, dan kambing di Desa Hariarapohan.

BACA JUGA: Berbeda dengan Sebelumnya, Nonton Samosir Music International 2023 Pakai Tiket

Akses menuju Desa Hariarapohan menempuh kurang lebih lima jam dari Kota Medan, dua jam dari Bandara Silangit, dan 30 menit dari Pelabuhan Ambarita, Pulau Samosir. 

Wisatawan dapat menikmati pengalaman tidur di homestay tradisional rumah Bolon di Desa Hariarapohan.

Selain harga menginap yang terjangkau, wisatawan juga dapat mencicipi kuliner masakan khas suku Batak Toba, seperti Ayam Napinadar, Ikan Nila Arsik, Sambal Andaliman, Saksang,   minuman Tuak, Dekke Naniura, Sambal Rias dan Menari bersama pengunjung dengan tortor Batak.

Kehadiran Sandiaga ke desa itu bisa juga disaksikan lewat kanal YouTube dan Instagram Kemenparekraf dan Anugerah Desa Wisata Indonesia. 

"Jadi Kamu bisa merasakan langsung serunya kunjungan beliau ke Samosir Negeri Indah Kepingan Surga - Titik Awal Peradaban Batak," demikian admin Instagram @disbudparsamosir dikutip Rabu, 19 Juli 2023. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya