Hiburan Jum'at, 23 Juni 2023 | 00:06

Sandiaga Uno Hadiri Peresmian Kantor Baru Sony Music Entertainment Indonesia

Lihat Foto Sandiaga Uno Hadiri Peresmian Kantor Baru Sony Music Entertainment Indonesia Suasana peresmian kantor baru Sony Music Entertainment Indonesia, di kawasan CIBIS Park, Jakarta Selatan. (Foto: Istimewa)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Perusahaan label rekaman Sony Music Entertainment (SME) Indonesia meresmikan pembukaan kantor baru di kawasan Jakarta Selatan.

Pembukaan kantor baru SME di kawasan CIBIS Park dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno, serta eksekutif senior dari Sony Music Group, seniman, dan mitra bisnis.

Pemindahan kantor ini merupakan bagian dari rencana ekspansi di negara terpadat di Asia Tenggara, sekaligus bertepatan dengan perayaan 25 tahun SME beroperasi di Indonesia, memperkuat dukungan dan komitmennya untuk artis Indonesia dan industri musik lokal.

"Komitmen Sony Music Entertainment terhadap kancah musik negara kita yang semarak menggarisbawahi pengakuan mereka atas warisan seni Indonesia yang kaya dan talenta luar biasa di dalam negeri kita," kata Sandiaga Uno, dikutip Opsi pada Jumat, 23 Juni 2023.

"Dengan menyediakan platform bagi masyarakat Indonesia artis untuk berkembang dan mendapatkan pengakuan internasional, kemitraan ini meningkatkan pertumbuhan dan keberlanjutan industri kreatif kami. Kami berharap dapat melihat Sony Music Entertainment semakin memperkuat posisi kami sebagai pusat kreativitas global," ucap Menparekraf.

Acara peresmian kantor baru SME Indonesia ditandai dengan pesta gala 25 tahun di mana para tamu dapat menikmati penampilan dari beragam artis UKM Indonesia termasuk Aziz Hedra dan Andrea, Aruma, Meiska, Raissa Ramadhani dan Jesenn serta artis veteran seperti Fatin Shidqia, Jaz dan Terry Shahab , dan Yovie & Nuno.

Di kantor baru Sony Music Entertainment Indonesia, ara seniman akan dapat memanfaatkan keahlian utama dan mengumpulkan sumber daya di bawah satu atap, untuk mengeksplorasi dan mewujudkan pengejaran kreatif mereka.

Penambahan studio Sony Music kelas dunia akan menampung lingkungan yang mulus dan kreatif untuk karya rekaman, mastering, penulisan, produksi suara dan video artis lokal.

Kantor tersebut juga akan menyediakan tempat kerja bagi karyawan Sony Music Entertainment Indonesia (SMEI) dan sister company Sony Music Publishing Indonesia, The Orchard Indonesia dan studio Sony Music yang canggih.

Suasana peresmian kantor baru Sony Music Entertainment Indonesia, di kawasan CIBIS Park, Jakarta Selatan. (Foto: Istimewa)

Ekspansi Sony Music Entertainment terjadi pada saat industri musik Indonesia diharapkan terus tumbuh pada tingkat tahunan sebesar 11,92 persen dalam empat tahun ke depan, menghasilkan volume pasar yang diproyeksikan lebih dari US$300 juta pada tahun 2027.

Menurut IFPI, ini nafsu makan juga tercermin dalam konsumsi musik online, dengan 38% masyarakat Indonesia menggunakan layanan musik sesuai permintaan setidaknya seminggu sekali.

President, Corporate Strategy and Market Development, Asia and Middle East, Sony Music Entertainment, Shridhar Subramaniam, mengatakan Indonesia memiliki pengaruh signifikan terhadap ekonomi kreatif di kawasan ini dan pertumbuhan berkelanjutan yang dialami industri musik lokal harus dirayakan.

"Akselerasi industri musik Indonesia didorong oleh sejumlah faktor pendorong, antara lain semakin populernya musik Indonesia di luar negeri, perpaduan unik pengaruh tradisional dan modern, serta meningkatnya penggunaan platform digital. Faktor gabungan ini menghadirkan peluang menarik bagi seniman Indonesia untuk menjangkau khalayak yang lebih luas," katanya.

Baca juga: Jaz Hayat Lepas Single Baru Berjudul Move On Tutorial

Baca juga: Solois Asal Cirebon, Jesenn Luncurkan Single Bukan Pilihan

"Sebagai pemain lama di kancah musik tanah air, Sony Music Indonesia berkomitmen untuk mendukung perkembangan dan kesuksesan artis kami," tutur Shridhar Subramaniam. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya