Hiburan Selasa, 11 Oktober 2022 | 10:10

Sandiaga Uno Pastikan Sirkuit Mandalika Siap untuk Gelaran WSBK 2022

Lihat Foto Sandiaga Uno Pastikan Sirkuit Mandalika Siap untuk Gelaran WSBK 2022 Menparekraf, Sandiaga Uno. (Foto: Kemenparekraf)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memastikan event sport tourism kelas dunia World Superbike (WSBK) 2022 siap digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok.

Berbicara dalam The Weekly Brief With Sandi Uno, Menparekraf bilang persiapan penyelenggaraan WSBK 2022 terus dilakukan bersama dengan seluruh pihak mulai dari Dorna Sports, MGPA, ITDC, Pemprov NTB, dan seluruh pihak terkait.

WSBK rencananya akan digelar untuk kedua kalinya di Pertamina Mandalika International Circuit di Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, pada 11 hingga 13 November 2022 mendatang.

"Saya mengapresiasi persiapan yang terus dilakukan dengan baik," kata Sandiaga Uno, dikutip Opsi pada Selasa, 11 Oktober 2022.

"Termasuk Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat bersama pemerintah daerah, para stakeholder, industri pariwisata di NTB, dan banyak pihak dalam mempersiapkan event ini," tuturnya.

Menparekraf, Sandiaga Uno (tengah). (Foto: Kemenparekraf)

Sementara Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Event) Kemenparekraf/Baparekraf, Rizki Handayani, menjelaskan, Kemenparekraf sebelumnya telah menandatangani kesepakatan dengan Dorna Sports selaku promotor dan pemegang lisensi WSBK untuk penyelenggaraan WSBK 2022 di Sirkuit Mandalika.

"Tiga minggu yang lalu kita sudah melakukan penandatanganan dengan Dorna untuk penyelenggaraan WSBK ini dan mereka sangat mengapresiasi bagaimana koordinasi yang baik dengan ITDC, MGPA, dan Kemenparekraf," kata Rizki Handayani.

Dari berbagai persiapan, salah satu yang menjadi perhatian dari Dorna Sports dan juga FIM (Federasi Olahraga Sepeda Motor Internasional) adalah penyempurnaan lintasan sirkuit.

Yakni penyempurnaan permukaan lintasan utama dengan cara melakukan pengaspalan ulang pada track, penambahan run off pada beberapa tikungan yakni 10, 11, dan 12, serta perubahan kerb pada beberapa tikungan dari kerb biasa menjadi Misano Kerb guna meningkatkan standar keamanan.

"Mereka sangat antusias untuk penyelenggaraan di Indonesia dan dengan sirkuit yang juga terus diperbaiki, ditingkatkan mereka sudah happy dan menilai sudah sesuai dengan standar," kata Rizki Handayani.

Baca juga: Sandiaga Uno: MotoGP Mandalika 2022 Berdampak Baik Bagi Pertumbuhan Pariwisata

Baca juga: 5 Wisata Olahraga di Mandalika yang Bisa Membuat Pikiran dan Jiwa Sehat

Setelah berkembangnya MotoGP dan WSBK ini tentunya para penggemar motor-motor akan makin banyak di Indonesia," ujarnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya