News Rabu, 18 Mei 2022 | 19:05

Sirkuit Mandalika Berpeluang Menjadi Seri Pembuka MotoGP 2023

Lihat Foto Sirkuit Mandalika Berpeluang Menjadi Seri Pembuka MotoGP 2023 Sirkuit Mandalika. (Foto: YouTube)
Editor: Rio Anthony

Jakarta - Beredar rumor, Sirkuit Mandalika menjadi seri pembuka balap MotoGP 2023 mendatang. Hal tersebut diketahui setelah Sirkuit Losail, Qatar, resmi tak akan lagi menjadi seri pembuka musim MotoGP 2023.

Qatar tidak lagi menjadi seri pembuka MotoGP pada musim 2023 karena Sirkuit Losail
mendapat perbaikan.

Beberapa area dibangun ulang untuk memberikan pengalaman yang lebih menarik bagi semua orang yang terlibat pada gelaran MotoGP, tak terkecuali bagi para penggemar yang hadir untuk menyaksikan langsung.

"Proyek renovasi akan mulai terbentuk pada 2022 dan akan melihat berbagai area dibangun kembali untuk menciptakan pengalaman yang lebih baik bagi semua orang yang berlomba," tulis pernyataan resmi MotoGP beberapa waktu lalu.

Sejumlah rumor beredar jika seri MotoGP Mandalika berpeluang besar untuk menggantikan posisi MotoGP Qatar sebagai balapan perdana.

Sebab, jika berkaca pada kalender balap musim ini setelah MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika merupakan balapan kedua.

Namun Vice President Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Cahyadi Wanda mengatakan, hingga saat ini belum ada kabar mengenai Sirkuit Mandalika akan jadi seri pembuka di musim depan.

Sampai sekarang, belum ada pembicaraan antara pihak Dorna dengan MGPA terkait hal tersebut.

"Mengenai seri pembuka belum ada pembicaraan dengan Dorna sejauh ini," kata Cahyadi, baru-baru ini.

Kata Cahyadi, jika Sirkuit Mandalika menjadi sirkuit pembuka MotoGP 2023 tentu harus persiapan dimulai dari sekarang. Tak hanya soal kondisi di trek, beberapa faktor pendukung lainnya juga harus dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum race dimulai.

"Bukan masalah aspal saja yang menjadi concern (perhatian), tentu timeline promosi dan strategi komersilnya juga harus disiapkan kalau memang ditunjuk menjadi seri pembuka," paparnya.

Selain Mandalika, sejumlah media asing memprediksi sirkuit lain yang diisukan bakal menggelar seri pembuka adalah MotoGP Australia yang berlangsung di Sirkuit Philip Island.

Nantinya, setelah dari Australia baru balapan digelar di Indonesia, karena jarak kedua negara tak begitu jauh. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya