Daerah Kamis, 04 Agustus 2022 | 21:08

Sapa Masyarakat Aceh, Sandiaga Uno Bicara soal UMKM

Lihat Foto Sapa Masyarakat Aceh, Sandiaga Uno Bicara soal UMKM Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno saat berada di Aceh. (Foto: Opsi/istimewa).
Editor: Rio Anthony Reporter: , Syamsurizal

Aceh Barat Daya - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno berkunjung ke Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) di Kabupaten Aceh Besar dan ke lokasi Kuliner River Walk Krueng Aceh di Peunayong, Banda Aceh.

Dalam kunjungan itu, dia berbagi kiat-kiat sukses kepada pelaku UMKM dan ekonomi kreatif (Ekraf). Dia juga mendorong percepatan pemulihan ekonomi nasional.

"Pelaku UMKM dan Ekraf di Aceh harus menjalankan konsep 3G seperti yang saat ini dijalankan di sektor pariwisata," kata Sandiaga Salahuddin Uno, Rabu, 4 Agustus 2022.

Dia menjelaskan tentang jurus 3G yang dimaksud. Katanya itu adalah Gercep, Geber dan Gaspol. Ketiganya memiliki kepanjangan dengan makna tersendiri.

"Gercep yaitu gerak cepat, Geber berarti gerak bersama, lalu Gaspol yaitu garap semua potensi online," ujar dia.

Menurutnya, pelaku UMKM harus menciptakan, manfaatkan peluang, terus berinovasi, adaptasi dan kolaborasi. Gonsep Gercep, dimana pelaku UMKM Aceh harus bergerak cepat untuk mencari peluang.

"Apalagi selama pandemi ini, banyak bermunculan pengangguran baru bahkan inflasi yang yang menerjang Indonesia. Hal itu juga harus didasari dengan konsep Geber, yaitu bergerak bersama dan berkolaborasi," sebutnya.

Terkait konsep ketiga yaitu Gaspol atau garap semua potensi online, Sandiaga mendorong pemanfaatan digitalisasi di segala sektor, termasuk Parekraf. Karena, peluang ekonomi ada di depan mata bagi mereka yang bisa melakukan transformasi dengan memanfaatkan platform digital.

Kata dia, ini juga harus di dukung oleh kebijakan pemerintah yang pro terhadap pelaku UMKM dan ekonomi kreatif di Aceh. Misalnya menanamkan cinta produk lokal dan tanah air.

"Ekonomi kreatif ini 6 kali lipat dampaknya bila pemerintah daerah menghadirkan kebijakan yang mendorong agar pelaku UMKM bangkit, misalnya membantu beli produk UMKM, ini bagian dari mencintai produk lokal juga," sebutnya.

Sandiaga juga mengingatkan agar pemerintah tidak mempersulit perizinan pelaku UMKM dan ekonomi kreatif di Aceh, seperti malakukan sertifikasi halal hingga pengurusan di BPOM harus di permudah.

"Pemerintah juga harus peduli, jangan mempersulit pengurusan izin," katanya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya