News Senin, 14 November 2022 | 07:11

Selain Joe Biden, Ini Tamu Negara yang Sudah Tiba di Bali

Lihat Foto Selain Joe Biden, Ini Tamu Negara yang Sudah Tiba di Bali Presiden Amerika Serikat Joe Biden tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali pada Minggu 13 November 2022. (Foto: Opsi/Tim KTT G20)
Editor: Yohanes Charles

Jakarta - Sejumlah kepala negara dan delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 termasuk ketua lembaga dunia mulai berdatangan di Bali.

Mereka mulai tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali sejak Minggu 13 November pukul 18.25 WITA.

Hal ini dikatakan Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kementerian Kominfo Usman Kansong.

Usman menyebutkan beberapa tamu negara dan kepala lembaga dunia yang telah hadir di antaranya Chairman World Economic Forum Prof Klaus Martin Schwab, Presiden Islamic Development Bank (IsDB) Dr. Muhammad Sulaiman Al Jasser, Director General International Labour Organization Gilbert F. Houngbo, Menteri Luar Negeri Mexico Marcelo Ebrard Casaubon, serta Menteri Urusan Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov.

Presiden Amerika Serikat Joe Biden juga telah tiba di Bali.

Biden yang menggunakan pesawat Air Force One itu mendarat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali pada Minggu 13 November 2022 malam sekitar pukul 21.45 WITA.

Kedatangan orang nomor satu di negeri Paman Sam ini disambut oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.

Baca juga: Tiba di Bali dan Disambut Sandiaga Uno, Joe Biden: Amazing

Sehari sebelumnya, yakni pada Sabtu 12 November 2022, Presiden The Asian Development Bank (ADB) Masatsugu Asakawa, juga tiba di Bali.

Usman mengatakan gelombang kedatangan delegasi akan terus berlangsung hingga Senin 14 November 2022.

“Kami sudah siap untuk menyambut. Demikian juga pengamanan dan pengawalan. Indonesia berupaya menjadi tuan rumah yang baik bagi semua tamu negara yang hadir dalam KTT G20,” kata Usman.

Pihak keamanan yang tergabung dari unsur TNI dan Polri terus melakukan pengamanan ketat dalam menyambut tamu negara di beberapa lokasi.

Baca juga: Kepala Negara yang Dikabarkan Bakal Hadir di KTT G20 Bali

Berdasarkan data hingga Jumat 11 November 2022, Pemerintah RI telah menerima konfirmasi kehadiran langsung 17 pemimpin G20 pada saat KTT. Kehadiran para pemimpin, termasuk Presiden RI Joko Widodo adalah sebanyak 37 orang dari total 41 undangan.

Sementara pemerintah Fiji, karena tengah menjalani pemilihan umum, akan mengirimkan utusan khusus (special envoy).

Brazil dan Mexico juga telah menginformasikan bahwa Presiden mereka tidak dapat hadir.

Mexico akan diwakili oleh Menlu Mexico, sementara untuk Brazil masih dilakukan komunikasi mengenai bentuk partisipasinya.

Sebelumnya, yaitu pada 8 November 2022, Kementerian Luar Negeri telah menerima nota diplomatik dari Kedubes Rusia di Jakarta yang menyampaikan bahwa Presiden Putin tidak dapat hadir di Bali (in person). Sebagai gantinya, Menlu S Lavrov yang akan hadir secara in person.

Kehadiran 17 pemimpin G-20 (termasuk Indonesia) ditambah 9 dari 10 negara undangan dan pemimpin 10 Organisasi Internasional merupakan tingkat kehadiran yang sangat tinggi di tengah situasi yang sangat sulit saat ini. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya