News Rabu, 22 Desember 2021 | 22:12

Semifinal Leg Pertama Piala AFF: Indonesia vs Singapura Berakhir Imbang 1-1

Lihat Foto Semifinal Leg Pertama Piala AFF: Indonesia vs Singapura Berakhir Imbang 1-1 Timnas Indonesia menahan imbang Singapura 1-1 di leg pertama Semifinal Piala AFF 2020. (Foto: PSSI)
Editor: Rio Anthony

Singapura - Timnas Indonesia bermain imbang 1-1 lawan Singapura pada leg pertama semifinal Piala AFF 2020 (2021) di Stadion Nasional Singapura, Rabu 22 Desember 2021.

Pada pertandingan leg pertama ini, Shin Tae Yong kembali menurunkan line up yang berbeda. Evan Dimas Darmono, Elkan Baggott, dan Ezra Walian disimpan di bangku cadangan.

Sebagai gantinya, pelatih asal Korea Selatan itu menurunkan Rachmat Irianto, Rizky Ridho, dan Dedik Setiawan sebagai starter.

Indonesia akhirnya berhasil memecah kebuntuan di menit ke-28 berkat kerja sama apik dengan Asnawi Mangkualam. Umpan tarik Asnawi dari sisi kanan diakhiri dengan sepakan kaki kiri Witan Sulaiman yang bersarang di pojok kiri gawang Hassan Sunny.

Witan nyaris mencetak gol kedua di pertandingan ini. Sayang tembakannya dari jarak dekat usai menerima umpan Rachmat Irianto masih menyasar ke samping gawang pada menit ke-38.

Skuad Garuda mendominasi penguasaan bola di menit-menit akhir pertandingan babak pertama, namun tak ada gol tambahan yang tercipta. Skor 1-0 untuk keunggulan Indonesia berakhir hingga akhir babak pertama.

Memasuki babak kedua, Shin Tae Yong langsung melakukan pergantian pemain. Dedik digantikan Ezra dan Baggott masuk menggantikan Rizky Ridho.

Tensi pertandingan berlangsung lebih tinggi di babak kedua. Singapura bermain lebih agresif dalam melakukan tekanan untuk mengejar ketinggalan.

Hasilnya, The Lions berhasil menyamakan skor pada menit ke-70. Gol berawal dari kesalahan umpan yang dilakukan Alfeandra Dewangga membuka celah bagi Singapura untuk melakukan serangan balik.

Fahruddin dan Dewangga terjatuh dan membuat Faris Ramli leluasa melepaskan umpan terobosan ke kotak penalti yang sukses dituntaskan Ikhsan Fandi untuk membobol gawang Nadeo.

Indonesia mendapat peluang bagus di menit ke-83 lewat sepakan keras Hanis Saghara. Sayang, tembakan keras Hanis dari luar kotak penalti masih bisa diantisipasi Hassan Sunny.

Upaya kedua tim untuk menambah gol tak terwujud hingga laga usai dan harus menerima hasil imbang 1-1.

kedua tim akan melakoni leg kedua pada 25 Agustus 2021 mendatang. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya