News Selasa, 26 Juli 2022 | 16:07

Setelah Temui Xi Jinping di China, Jokowi Lanjut Kunjungi Jepang

Lihat Foto Setelah Temui Xi Jinping di China, Jokowi Lanjut Kunjungi Jepang Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Jokowi menuruni tangga pesawat saat tiba di Bandara Internasional Beijing, China, Senin, 25 Juli 2022. (Foto: Biro Pers Setpres/Laily Rachev/hp/nym)

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengunjungi Jepang pada Rabu, 27 Juli 2022 dan dijadwalkan bertemu dengan Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako, menurut keterangan dari Kedutaan Besar RI (KBRI) di Tokyo, Selasa, 26 Juli 2022.

Pada hari yang sama, Presiden Jokowi juga akan berbicara dengan Perdana Menteri Fumio Kishida dan kalangan pebisnis Jepang untuk membahas sejumlah kerja sama bilateral, terutama di bidang perdagangan dan investasi.

Jepang menjadi negara kedua setelah China yang dikunjungi Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana, sebelum bertolak ke Korea Selatan dalam lawatan ke tiga negara di Asia Timur.

Baca jugaMomen Langka, Merah-Putih Berkibar di Beijing Saat Jokowi Kunjungi China

Para pejabat yang mengiringi lawatan itu di antaranya Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, dan Kepala Protokol Negara Andy Rachmianto.

Kunjungan Jokowi ke Jepang juga merupakan lawatan balasan dari kunjungan PM Kishida ke Indonesia pada akhir April lalu.

Baca jugaJokowi-Xi Jinping Menuju Deal Tandatangani Kesepakatan Ini

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi sebelumnya mengatakan bahwa Jepang merupakan salah satu mitra ekonomi tradisional penting bagi Indonesia.

Perdagangan bilateral RI-Jepang tahun lalu mencapai 32 miliar dolar AS (sekitar Rp 480 triliun) dan total nilai investasinya mencapai 2,26 miliar dolar AS (sekitar Rp 33,9 triliun).

Baca jugaPertemuan Jokowi-Xi Jinping di Distrik Haidian, Beijing

Setelah Beijing dan Tokyo, destinasi terakhir Jokowi dalam kunjungan singkatnya adalah Seoul pada 28 Juli 2022. Di ibu kota Korea Selatan itu, Jokowi direncanakan bertemu dengan Presiden Yoon Suk Yeol.

Menurut Retno, selain membahas penguatan kerja sama bilateral, Jokowi dan para pemimpin di tiga negara tersebut dalam masing-masing pertemuan bilateral juga akan membahas perkembangan terakhir di kawasan dan isu-isu internasional. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya