News Minggu, 30 Januari 2022 | 13:01

Simak Fakta Menarik Seputar Kota Penyangga IKN

Lihat Foto Simak Fakta Menarik Seputar Kota Penyangga IKN Kota Bontang. (Foto: Opsi/Setneg)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Daerah sekitar Ibu Kota Negara (IKN) yaitu Bontang, Samarinda, Balikpapan, dan Tenggarong memiliki sejumlah keunikan dan keunggulan tersendiri.

Pertama adalah Kota Bontang. Memiliki visi misi untuk mewujudkan Kota Bontang yang lebih hebat dan beradab. Dalam RPJMN 2015-2019, Kota Bontang diarahkan sebagai Pusat Kegiatan Nasional yang memantapkan fungsi-fungsi keterkaitan dengan pusat pertumbuhan wilayah internasional dan mendorong perkembangan sektor industri.

Kota ini merupakan salah satu penghasil gas bumi terbesar di Tanah Air. Gas bumi adalah bahan bakar fosil yang berbentuk gas. Gas bumi sering ditemui di ladang minyak, dan juga tambang batubara. Gas bumi dapat berbentuk liquified petroleum gas (LPG) atau gas alam cair LNG (liquified natural gas).

Kedua adalah Kota Samarinda, yakni Kota Pinggir Mahakam. Kota ini merupakan ibu kota provinsi Kalimantan Timur dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Kutai Kartanegara.
Terkenal dengan bagian hilir Sungai Mahakam yang ada di Kota Samarinda, ternyata kota ini tidak bersinggungan langsung laut.

Baca juga: Tok! Paripurna DPR Setujui RUU IKN Menjadi Undang-Undang

Namun bagian hilir Sungai Mahakam yang ada di Samarinda, terhubung dengan laut melalui daerah tetangga, yaitu Kutai Kartanegara, Bontang, Kutai Timur dan Balikpapan. Samarinda berada di garis khatulistiwa, maka iklim di wilayah ini dipengaruhi angin Muson.

Kota Balikpapan, sebuah kota yang rajin meraih penghargaan berupa Adipura, Adiwiyata, serta Kalpataru.

Pemerintah dan warganya memang dikenal peduli dengan lingkungan. Tak heran kerap meraih penghargaan nasional di bidang lingkungan.

Kota dengan budaya bersih dan wawasan lingkungan menjadi ciri dari warga Kota Balikpapan. Gerakan Clean, Green, and Healthy (CGH) yang diluncurkan pemerintah setempat sejak tahun 2.000-an mendapat dukungan warga.

Berikutnya adalah Kota Tenggarong merupakan ibu kota administratif Kabupaten Kutai Kartanegara. Secara administratif, delineasi kawasan metropolitan Sambo Tenggarong terdiri dari tiga kota dan satu kabupaten, yakni Kota Samarinda, Kota Bontang dan Kota Balikpapan serta Kabupaten Kutai Kartanegara.

Kawasan Sambo Tenggarong merupakan salah satu kawasan metropolitan baru yang berada di luar Pulau Jawa Bali. Kawasan ini difungsikan sebagai pusat investasi dan penggerak pertumbuhan ekonomi bagi wilayah sekitarnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya