Hiburan Senin, 29 Januari 2024 | 14:01

Sosok dan Wajah Aktris Aminah Cendrakasih Diabadikan di Google Doodle

Lihat Foto Sosok dan Wajah Aktris Aminah Cendrakasih Diabadikan di Google Doodle Aktris Aminah Cendrakasih diabadikan di Google Doodle. (Foto: Istimewa)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Bintang seni peran Aminah Cendrakasih diabadikan di Google Doodle oleh perusahaan teknologi Google dalam laman pencariannya pada Senin, 29 Januari 2024, tepat pada perayaan Ulang Tahun pemeran Nyak, dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan ini.

"Doodle hari ini merayakan aktris Indonesia Aminah Cendrakasih, salah satu entertainer paling produktif dan populer di Asia Tenggara pada masanya," tulis Google dalam laman Doodle, dikutip Opsi pada Senin, 29 Januari 2024.

Menurut laman Doodle, ayah Cendrakasih adalah seorang komedian dan ibunya adalah seorang aktris. Di masa remajanya, Aminah mengikuti jejak orang tuanya untuk berkarir di dunia hiburan.

Pada tahun 1955, dia membuat penampilan debutnya di Oh, Ibuku. Pada tahun yang sama, ia berakting bersama ibunya sendiri di Gambang dari Semarang dan mendapatkan peran utama pertamanya dalam Ibu dan Putri.

Penampilan karismatiknya dalam Serampang 12, sebuah film tari populer yang berpusat pada kisah cinta dewasa, memikat penonton di seluruh Indonesia. Ketenarannya meroket setelahnya.

Selama beberapa dekade berikutnya, Cendrakasih mendapatkan lebih dari 100 peran dalam acara dan film terkenal seperti Taman Harapan dan Si Doel Anak Sekolahan.

Penampilannya yang mengharukan memenangkan dua Lifetime Achievement Awards dari Festival Film Bandung dan Penghargaan Film Indonesia.

Baca juga: Google Doodle Menampilkan Danau Toba

Baca juga: Jadi Warisan Dunia Takbenda Indonesia, Papeda Dirayakan di Google Doodle

"Selamat ulang tahun, Aminah Cendrakasih! Film dan acara Anda terus menyenangkan pemirsa di seluruh dunia," tulis laman Google.

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya