News Minggu, 22 Januari 2023 | 21:01

Survei Terbaru LSI, PDIP Masih Parpol Teratas Pilihan Publik

Lihat Foto Survei Terbaru LSI, PDIP Masih Parpol Teratas Pilihan Publik Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. (Foto: Twitter)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei mereka yang terbaru pada Minggu, 22 Januari 2023.

Salah satu hasil survei yang dipaparkan Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan, adalah soal pilihan partai politik bagi publik.

"Jika pemilihan anggota DPR diadakan sekarang ini, partai atau calon dari partai mana yang akan Ibu/Bapak pilih dari daftar partai berikut ini?"

Itu adalah pertanyaan yang diajukan LSI kepada responden pilihan yang dilakukan melalui wawancara telepon.

Target populasi survei ini adalah warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon/cellphone, sekitar 83 persen dari total populasi nasional.

Pemilihan sampel disebut, dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD). RDD adalah teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak.

Baca juga: Megawati Puji Diri Sendiri Saat HUT PDIP: Aku Ini Cantik, Pintar, Karismatik

Dengan teknik RDD sampel sebanyak 1.221 responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening. Margin of error survei diperkirakan sekitar 2.9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, asumsi simple random sampling.

Hasil dari pertanyaan yang disampaikan ke responden, terungkap PDIP paling banyak dipilih, yakni 21.9 persen.

Menyusul kemudian Gerindra 12.1 persen, Demokrat 7.1 persen, Golkar 6.7 persen, NasDem 5 persen, PKS 5 persen, Perindo 4.8 persen, dan PKB 4.7 persen.

Partai lain lebih rendah dan sekitar 26.7 persen belum menunjukkan pilihannya.

Rilis LSI itu juga menghadirkan narasumber Menteri BUMN Erick Thohir, mengambil topik: "Kinerja Presiden, Pencabutan PPKM, Ketersediaan Bahan Pokok dan BBM serta Peta Politik Terkini". []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya