Daerah Kamis, 23 Desember 2021 | 12:12

Tanah Bergerak di Bogor, 2 Rumah Warga Rusak

Lihat Foto Tanah Bergerak di Bogor, 2 Rumah Warga Rusak Terjadi gerakan tanah di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Dua rumah warga rusak. (Foto: BNPB)
Editor: Tigor Munte

Bogor - Fenomena gerakan tanah terjadi di wilayah Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Sebanyak dua rumah warga mengalami kerusakan dengan kategori rusak sedang dan lima lainnya terisolir.

Kejadian tersebut juga mengakibatkan dua akses jalan di lingkungan desa terdampak mengalami kerusakan karena pergeseran tanah.

Wilayah terdampak berada di Desa Pangradin, Kecamatan Jasinga. Data BPBD Kabupaten Bogor pada Kamis, 23 Desember 2021 menyebutkan 3 KK atau 26 jiwa terdampak.
Kejadian pada Rabu, 22 Desember 2021, pukul 09.30 WIB dipicu oleh hujan dengan intensitas tinggi dan kondisi tanah labil.

BPBD telah berada di lokasi dan memberikan bantuan logistik makanan kepada keluarga terdampak.

Di samping itu, pihaknya juga melakukan kaji cepat maupun analisis di lapangan sehingga dampak potensi gerakan tanah dapat dihindari.

Plt Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangan persnya menyebut, berdasarkan analisis Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Kecamatan Jasinga termasuk wilayah dengan potensi bahaya pergerakan tanah kategori menengah hingga tinggi.

Demikian juga analisis inaRISK, Kabupaten Bogor memiliki 33 wilayah kecamatan yang potensi bahaya tanah longsor dengan kategori tersebut, termasuk Kecamatan Jasinga.
Menyikapi tingginya potensi bahaya hidrometeorologi, BNPB kata Abdul Muhari, mengimbau pemerintah daerah dan masyarakat untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan, khususnya menghadapi puncak musim hujan pada Januari hingga Februari 2022.

"Masyarakat dapat melihat potensi bahaya maupun risiko di wilayah dengan mengakses inaRISK atau pun sistem informasi resmi lain, seperti dari PVMBG, BMKG, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau BPBD," tukasnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya