Pilihan Sabtu, 02 Juli 2022 | 13:07

Tawarkan Pemandangan Indah, Ini Tempat Wisata di Abdya yang Rugi Kalau Tak Dikunjungi

Lihat Foto Tawarkan Pemandangan Indah, Ini Tempat Wisata di Abdya yang Rugi Kalau Tak Dikunjungi Bendungan Susoh di Aceh Barat Daya. (foto: Opsi/Syamsurizal).

Aceh Barat Daya - Bendungan irigasi Susoh, di Desa Babahlung, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Provinsi Aceh, bisa menjadi tempat yang asyik untuk Anda yang sempat singgah sebentar di kabupaten itu atau pendatang dari luar.

Lokasi wisata ini menawarkan sensasi aliran sungai dengan air jernih dan udara sejuk. Berbicara minuman pelepas dahaga, Anda bisa mencicipi nikmatnya sop buah segar, beragam jus buah. Seperti halnya minuman, makanan juga seperti itu, Anda bisa memesan nasi goreng udang dan lain sebagainya.

Jika Anda ingin ke lokasi ini, Anda tidak usah takut tersesat. Dari pusat kota Blangpidie ibu kota Kabupaten Abdya hanya butuh waktu sekira 5 menit saja. Pacu saja kendaraan masuk ke Desa Kutatinggi, kemudian ke Desa Mataie dan langsung masuk Desa Babahlung yang menjadi titik lokasi tujuan.

Bendungan Susoh di Aceh Barat Daya. (foto: Opsi/Syamsurizal).

Sampai di lokasi, awalnya pengunjung akan disuguhkan indahnya pemandangan jembatan beton kokoh yang membentang di atas sungai. Kemudian, pengunjung dapat melihat beberapa kantin di pinggir jalan.

Pengunjung tidak usah takut tentang biaya lebih, di lokasi wisata ini pemilik warung tidak mengutip biaya parkir. Walau demikian, dapat dipastikan bahwa kendaraan pengunjung aman.

Melepas penat bekerja seharian, ditambah lagi sengatan matahari rasanya sangat pas jika kerongkongan dibasahi minuman segar manis dan dingin di lokasi ini. Sop buah dingin bisa menjadi pilihan saat kondisi seperti itu.

Menikmatinya sambil mata terbuai pesona keindahan alam, tentu lebih mengasyikkan. Gelas jumbo yang berisikan potongan kecil buah naga, pepaya, melon, apel, anggur, nangka, jambu biji dipadukan dengan santan kelapa tua, susu putih, gula cair, sirup, puding bewarna, susu serta beberapa potongan es batu membuat minuman ini sangat segar dan manis.

Wisata Bendungan Susoh di Aceh Barat Daya. (foto: Opsi/Syamsurizal).

Minuman yang satu ini bisa Anda dapatkan di kantin-kantin seputaran lokasi wisata tersebut. Pastinya, menjadi nilai plus menikmatinya sambil melihat aliran sungai bening yang seakan membelah dua sisi gunung terjal.

Melihat jernihnya air di musim kemarau ini mungkin saja ada terpikir untuk nyemplung ke sungai, menikmati sejuk dan beningnya air tawar Bendungan Susoh. Untuk hal ini pengunjung disarankan menyiapkan pakaian salin, karena di lokasi wisata ini tidak menyediakan pakaian sewa pastinya.

Tidak mesti pada hari-hari libur saja, lokasi wisata ini hampir setiap hari dikunjungi warga lokal. Biasanya untuk sekadar mandi sore hari. Namun, ada juga yang sengaja ke lokasi ini hanya untuk menyantap kuliner khas Tanah Rencong, orang Aceh biasa menyebutnya murumok.

Ditemui dilokasi, Sabtu, 2 Juli 2022, seorang ibu rumah tangga bernama Yusria mengaku sangat sering ke lokasi wisata tersebut. Biasanya untuk sekadar bersantai bersama suami dan anak. Kadang juga untuk mandi di sore hari.

Sop buah di Aceh Barat Daya. (foto: Opsi).

"Saya warga sini. Pasti sangat sering ke sini, kadang untuk minum dan makan saja di kantin,” kata Yusria, Sabtu, 2 Juli 2022 di Aceh.

Ibu dua anak ini mengaku, minuman kesukaannya adalah sop buah, kelapa muda dan jus alpukat. Untuk makanan, biasanya dia memesan nasi goreng udang.

"Apa saja enak di sini. Kita makan dan minum sambil melihat pemandangan indah, tentu asiknya nambah,” ujar dia.

Jika berniat mandi, saran Yusria, pengunjung terlebih dahulu membeli makanan dan minuman sebelum menuju aliran sungai yang berjarak sekira 500 meter dari kantin-kantin atau menuju pegunungan.

"Kalau mau mandi beli di sini dulu. Di tempat mandi tidak ada kantin," kata Yusria.

Warga lain Riandi, mengaku juga menyukai sop buah. Selain segar, alasan pria asal Blangpidie ini juga karena manis dan sehat. Sop buah ini menurutnya juga sangat pas dinikmati saat siang hari ketika matahari begitu menyengat.

"Pas sop buah di sini. Saat matahari sedang terik seperti ini tentu sangat cocok," ujar dia.

Selain sop buah, pria ini juga menyukai kelapa muda, jus buah naga. Untuk makanan dia sering memesan nasi goreng mata sapi, nasi goreng ayam dan nasi goreng udang.

"Makanan di sini ada banyak pilihan. Yang pasti semua nikmat dan lezat. Terlebih pemandangan di sini indah," katanya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya