News Jum'at, 25 Maret 2022 | 15:03

Tegur Nadiem Makarim, Jokowi: Ada yang Enggak Semangat di Dalam Kementerian

Lihat Foto Tegur Nadiem Makarim, Jokowi: Ada yang Enggak Semangat di Dalam Kementerian Presiden Jokowi saat berpidato di acara Aksi Afirmasi Bangga Buatan Indonesia, Jumat, 25 Maret 2022. (foto: YouTube/Sekretariat Presiden).
Editor: Yohanes Charles

Jakarta – Presiden Jokowi menegur Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim.

Teguran tersebut dilayangkan Jokowi karena realisasi belanja barang dan jasa di kementerian yang dipimpin Nadiem ini masih minim, hanya mencapai Rp 2 triliun.

"Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Rp 29 triliun. Tadi pagi saya cek baru Rp 2 triliun. Ini kelihatannya ada yang enggak semangat di dalam kementerian,” ujar 

Jokowi saat memberikan Pengarahan Presiden RI Tentang Aksi Afirmasi Bangga Buatan Indonesia di Bali, Jumat 25 Maret 2022.

Kemudian Jokowi menyinggung belanja barang di kementerian, seperti bangku dan laptop masih impor. Padahal, Indonesia sudah mampu memproduksi kedua barang tersebut.

“Masa urusan beli bangku, beli kursi mau impor kita, laptop mau impor kita? Kita sudah bisa bikin semuanya itu, sudah bisa bikin semuanya. Sudahlah, jangan diterus-terusin,” tegas Jokowi dikutip dari Beritasatu.com.

“Artinya apa? Penambahan pertumbuhan ekonomi sudah ada di depan mata kita, kita mau mengerjakan atau tidak mau mengerjakan. Kalau mau mengerjakan artinya ada tambahan seperti disampaikan pak menko dan menpar tadi, sehingga saya minta dan saya enggak mau ditawar-tawar lagi urusan Rp 400 triliun di Mei,” tukas Jokowi.

Presiden menambahkan pertumbuhan ekonomi nasional bisa melompat tinggi, jika seluruh kementerian/lembaga, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan pemerintah daerah (pemda) untuk membeli produk dalam negeri dalam pengadaan barang dan jasa.

“Kita melompat nanti kalau semua beli semua produk dalam negeri, meloncat pertumbuhan ekonomi kita,” jelas Jokowi. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya