Daerah Rabu, 09 Februari 2022 | 12:02

Tujuh Balon Perempuan Ikut Bertarung di Pilkades Aceh Barat Daya

Lihat Foto Tujuh Balon Perempuan Ikut Bertarung di Pilkades Aceh Barat Daya Ilustrasi Pemilihan Kepala desa (Pilkades). (Foto: Opsi/Ilustrasi)
Editor: Rio Anthony Reporter: , Syamsurizal

Aceh Barat Daya - Pemilihan Kepala Desa Serentak di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Provinsi Aceh tidak hanya diikuti oleh para laki-laki saja. Namun, juga dari perempuan walau jumlahnya tidak banyak.

Data yang diperoleh Opsi, Rabu, 9 Februari 2022 dari 9 kecamatan dengan 152 desa di kabupaten itu, hingga penutupan jadwal pendaftaran tercatat sebanyak tujuh perempuan ikut ambil bagian dalam pesta demokrasi 6 tahun sekali ini.

Walau jumlahnya sedikit, tujuh perempuan ini tidak bisa dianggap remeh. Hasil penulusuran Opsi, ke 7 wanita ini punya popularitas yang cukup menjanjikan untuk dipilih masyarakat.

Selain cakap dalam berbicara dan punya mental untuk tampil, ke 7 wanita ini juga dikenal aktif ditengah masyarakat. Sebagaian diantara tercatat masuk sebagai aparatur desa, dan ini menjadi tantangan bagi kalangan pria.

Data yang berhasil dirangkum Opsi, ketujuh perempuan ini yakni, Shinta Humaira, Bakal Calon (Balon) Kades dari Desa Kuta Tuha, Kecamatan Blangpidie. Rohani, Balon Kades dari Desa Keude Siblah Kecamatan Blangpidie dan Thaibah Balon Kades dari Desa Lamkuta juga dari Kecamatan Blangpidie.

Selanjutnya, ada nama Ira Maya, Balon Kades dari Desa Alue Dawah, Kecamatan Babahrot. Di Kecamatan Setia, ada Balon Kades bernama Nurhijah dari Desa Ujong Tanoh.

Dua Balon perempuan terakhir dari Kecamatan Susoh di Desa Gadang bernama, Husni. Terakhir dari Kecamatan Jeumpa, Desa Aso Nanggro bernama Asridayani.

Untuk terpilih, ketujuh perempuan ini bakal melawan popularitas para laki-laki yang jumlahnya tidak sedikit, karena pada umumnya pendaftar Kades di Aceh Barat Daya lebih banyak dari kalangan laki-laki.

Dikutip Opsi, Ketua Panitia Pemilihan Keucik (P2K) Desa Kuta Tuha, Saiful. M, membenarkan bahwa dari empat pendaftar bursa Calon Kades Kuta Tuha, ada seorang dari perwakilan perempuan.

"Ia ada satu dari perempuan," kata Saiful, Minggu, 6 Februari 2022 di Aceh Barat Daya.

Dia berujar, Shinta Humaira mendaftar di bursa Calon Kades desa setempat di awal-awal penerimaan berkas pendaftaran.

"Kita ada empat pendaftar, dia (Shinta) mendaftar di awal," pungkasnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya