Daerah Senin, 21 Februari 2022 | 11:02

Warga Sumut Punya Telemedisin Rawat Covid, Silakan Digunakan

Lihat Foto Warga Sumut Punya Telemedisin Rawat Covid, Silakan Digunakan Ilustrasi Telemedicine. (Foto: Ist)
Editor: Tigor Munte

Medan - Kabar bagus warga Sumatra Utara, dimana aplikasi untuk layanan telemedisin sudah tersedia bagi warga yang tengah dalam rawatan Covid-19, terutama yang tengah dalam isolasi mandiri atau isoman. Nama telemedisinnya Rawat Covid Sumut, diakses di https://rawatcovid-sumut.usu.ac.id.

Disebutkan, telemedisin Rawat Covid Sumut ini sudah melayani hampir 200 pasien dalam dua minggu terakhir. 

Selain pemantauan, obat-obatan, seperti antivirus, multivitamin, parasetamol, dan alat pemantauan, seperti termometer dan pulse oximetry, juga diberikan secara gratis (tidak termasuk biaya pengiriman ojek online). 

Jika keluarga, kolega, dan teman kita ada yang terkonfirmasi positif Covid-19, maka bisa diarahkan untuk mendaftar di telemedisin ini. Obat-obatan akan dikirim ke rumah langsung, menghindari antrian di RS dan mengurangi beban RS. 

Baca juga: Komisi IX DPR RI Minta Suntik Vaksin Kosong Siswa SD di Sumut Diinvestigasi

Telemedisin Rawat Covid Sumut merupakan kerja sama antara Universitas Sumatera Utara dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Pemerintah Kota Medan, Ikatan Dokter Indonesia Wilayah Sumatera Utara, dan RS Universitas Sumatera Utara.

Saat coba mengakses layanan telemedisin ini, akan terlihat sebuah notifikasi di sana tentang layanan ini.

Disebutkan, seluruh pelayanan yang diberikan kepada masyarakat tidak berbiaya, dan berasal dari relawan dokter dan mahasiswa tanpa bayaran, donatur, dan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara. 

"Oleh karena itu, kami mohon maaf atas keterbatasan kami yang mungkin menyebabkan keterlambatan pelayanan maupun kekurangan tata laksana. Harapan kami telemedisin Rawat Covid Sumut dapat membantu penanganan Covid-19 di Sumatra Utara, menjaga masyarakat tetap sehat dan sembuh dari Covid-19. Untuk Sumatra Utara, dari Sumatra Utara.

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah dr Djasamen Saragih Kota Pematangsiantar, dr Maya Damanik dikonfirmasi soal telemedisin ini, melalui WhatsApp, dia membenarkan layanan tersebut resmi. "Iya, resmi ini," katanya menjawab singkat, Senin, 21 Februari 2022. [] 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya