Daerah Kamis, 17 Februari 2022 | 17:02

179 Kasus Positif Covid-19 di Toba, Pemkab Genjot Vaksinasi

Lihat Foto 179 Kasus Positif Covid-19 di Toba, Pemkab Genjot Vaksinasi Rapat penanggulangan Covid-19 Kabupaten Toba, Sumatra Utara, Kamis, 17 Februari 2022. (Foto: Opsi/Alex)
Editor: Tigor Munte

Balige - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Toba, Sumatra Utara, berupaya meningkatkan capaian vaksinasi primer dan booster.

Hal ini dikatakan Wakil Bupati Toba Tonny M Simanjuntak saat memimpin rapat penanggulangan Covid-19 bersama Kapolres Toba AKBP Akala Fikta Jaya, Dandim 0210 Taput diwakili Pabung Mayor Inf. Kaminton Napitupulu di ruang Balai Data Kantor Bupati Toba, Kamis, 17 Februari 2022 siang.

"Melihat perkembangan penyebaran Covid-19 di Toba, kita harus segera mengambil tindakan cepat dan tepat dalam penanggulangannya. Saya harap Satgas Covid di tiap desa diaktifkan dan dimaksimalkan kembali, untuk kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) agar dievaluasi," ujar Wabup Tonny.

Baca juga: BPK Periksa Pengadaan Bibit Jagung di Toba

"Satgas Covid-19 Toba dan seluruh dinas terkait untuk bahu-membahu meningkatkan capaian vaksinasi primer dan booster. Terutama kepada para pendidik, siswa, mahasiswa, orang tua, dan keluarga serta seluruh sivitas akademika," imbuh Wabup Tonny.

Plh. Sekda Toba Augus Sitorus dalam arahannya meminta Satgas Covid-19 dan dinas terkait melakukan survei mitigasi. Pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas juga akan dihentikan jika positif rate lebih dari 5 persen.

Baca juga: Kejari Toba Tetapkan Dua Tersangka Kasus Korupsi

Dalam paparan Dinas Kesehatan untuk kasus Covid-19 di Kabupaten Toba, berdasarkan kategori profesi, pelajar 65 orang, wiraswasta dan petani 61 orang, tenaga kesehatan 17 orang, karyawan 14 orang, guru 13 orang, ASN lima orang, dan mahasiswa empat orang.

Total yang terkonfirmasi positif hingga Kamis, 17 Februari sebanyak total 179 orang.
Sementara untuk ketersediaan stok vaksin di Kabupaten Toba saat ini 12. 442 dosis yang terdiri dari vaksin Pfizer 2.942 dosis, vaksin Astrazaneca 9.360 dosis, dan vaksin Moderna 140 dosis.

Kapolres Toba AKBP Akala Fikta Jaya yang turut hadir meminta kolaborasi yang baik dan bahu-membahu dalam percepatan target capaian vaksinasi.

"Kalau bisa satu minggu ke depan kita bersama-sama turun ke lapangan, kita gotong royong, dari desa ke desa, dari pintu ke pintu," tegas AKBP Akala. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya