Daerah Senin, 28 Februari 2022 | 12:02

24 Jam Terombang-ambing di Laut, 2 Nelayan Belawan Selamat

Lihat Foto 24 Jam Terombang-ambing di Laut, 2 Nelayan Belawan Selamat Nelayan yang sempat terombang-ambing di lautan hampir 24 jam, mendapat perawatan di Puskesmas Pantai Labu. (Foto: SAR Medan)
Editor: Tigor Munte

Medan - Dua orang nelayan di Kecamatan Medan Belawan, Medan, Sumatra Utara, ditemukan dalam kondisi lemah terapung di lautan setelah hampir 24 jam hanyut.

Keduanya ditemukan oleh Tim SAR Gabungan di kawasan Perairan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang.

Dari informasi diperoleh, satu perahu diawaki tiga orang nelayan yang semuanya merupakan warga Gudang Arang, Lorong Awal, Medan Belawan, pada Sabtu, 26 Februari 2022, berangkat menuju perairan Bouy 1 Belawan untuk mencari ikan.

Namun nahas, perahu yang ditumpangi ketiganya terbalik sekitar pukul 19.00 WIB setelah ombak tinggi menerjang. Seketika ketiganya pun jatuh ke laut.

Satu di antaranya berhasil diselamatkan oleh nelayan lain yang sedang melintas dan dibawa menuju Pantai Labu. Namun dua lagi tidak kelihatan sehingga kejadian itu dilaporkan ke Kantor SAR Medan.

Baca juga: Video Lumpur Bergerak Pascagempa Pasaman Sumbar Bukan Likuifaksi

Selanjutnya, SAR Medan yang mendapat informasi langsung turun untuk bergabung bersama Tim SAR Gabungan, namun pada malam itu pencarian belum membuahkan hasil.

Tim SAR Gabungan kembali melakukan pencarian pada Minggu, 27 Februari 2022 pagi.

Menggunakan RIB (rigid inflatable boat), tim Rescuer Kantor SAR Medan dan ABK RB 203 berangkat menuju Bouy 1 Belawan guna melakukan pencarian di sekitar lokasi kejadian.

“Sekitar pukul 14:00 WIB, Tim SAR Gabungan akhirnya berhasil menemukan kedua korban dalam keadaan selamat sekitar 6,82 NM dari lokasi awal perahu korban terbalik,” kata Humas SAR Medan, Sariman Sitorus, Senin, 28 Februari 2022.

Selanjutnya, kata dia, korban langsung dievakuasi menuju Pos Polairud Pantai Labu dan diserahkan kepada pihak keluarga.

“Setelah sempat mendapatkan perawatan medis, akhirnya korban diserahkan kepada pihak keluarganya,” tuturnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya