News Sabtu, 06 Juli 2024 | 15:07

Adian Napitupulu, Ganjar, dan Ahok Diyakini Mampu Tingkatkan Kinerja PDIP

Lihat Foto Adian Napitupulu, Ganjar, dan Ahok Diyakini Mampu Tingkatkan Kinerja PDIP Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri lantik dan perpanjang masa jabatan pengurus DPP PDI Perjuangan di Sekolah Partai, Jakarta, Jumat, 5 Juli 2024. (Foto:Dok. ANTARA)

Jakarta - Masuknya Adian Napitupulu, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), dan Ganjar Pranowo dalam kepengurusan baru Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) diyakini mampu meningkatkan kinerja partai tersebut.

"Masuknya nama-nama seperti Ganjar, Ahok dan Adian diharapkan mampu meningkatkan kinerja PDIP, dalam mewujudkan program-program partai ke depan," kata Pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Indonesia Public Institute (IPI) Karyono Wibowo seperti mengutip keterangannya, Sabtu, 6 Juli 2024.

Hal itu disampaikannya merespons Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang baru saja memimpin pengucapan sumpah janji jabatan pada pelantikan pengurus DPP PDI Perjuangan masa bakti 2019-2024 yang diperpanjang hingga tahun 2025 di Sekolah Partai PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Jumat, 5 Juli 2024.

Sejumlah nama yang dilantik di antaranya, Adian Napitupulu sebagai Wakil Sekjen bidang Komunikasi, hingga Ganjar Pranowo dan Basuki Tjahaja Purnama sebagai Ketua DPP PDIP.

Ia menjelaskan, penunjukan tersebut sudah melalui pelbagai pertimbangan yang matang dari Megawati Soekarnoputri. Selain itu, mereka dianggap mampu membantu kerja-kerja Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

Pandangannya, Megawati sudah mempertimbangkan dengan matang aspek kualitas, kapabilitas, loyalitas, dan integritas dalam penunjukan tersebut.

"Aspek kompetensi juga menjadi pertimbangan penting," ujarnya.

Lantas ia mencontohkan, misalnya Adian yang memiliki kemampuan mengorganisir aktivis pergerakan mahasiswa dan kelompok civil society ditempatkan untuk melakukan pendampingan hal-hal yang berkaitan langsung dengan kepentingan rakyat.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri melantik beberapa kader partai untuk mengisi posisi sebagai Ketua DPP PDI Perjuangan di berbagai bidang.

Dalam pelantikan yang berlangsung di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan pada Jumat, 5 Juli 2024, Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok sebagai Ketua DPP Bidang Perekonomian.

Adian Yunus Yusak Napitupulu juga dipercaya menduduki posisi Wakil Sekjen Bidang Komunikasi. Kemudian, Ganjar Pranowo ditetapkan sebagai Ketua DPP Bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah. Deddy Sitorus juga dilantik sebagai Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Pemenangan Pemilu Eksekutif.

Selanjutnya, Ronny Talapessy sebagai Ketua Bidang Reformasi Sistem Hukum Nasional dan Adian Napitupulu sebagai Wakil Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Bidang Komunikasi.

"Saudara-saudara sekalian, mereka yang telah dipanggil tadi itu dengan hak prerogatif saya itu akan saya lantik dengan membacakan janji jabatan," kata Megawati.

"Bahwa saya setia kepada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Tahun 2019. Bahwa saya akan menjunjung tinggi kehormatan, martabat, dan disiplin partai, serta akan senantiasa mengutamakan keutuhan partai, keberhasilan program perjuangan partai daripada kepentingan pribadi," ucap Megawati diikuti oleh pengurus baru yang dilantik.

"Bahwa saya akan memegang rahasia partai yang menurut sifatnya harus saya rahasiakan. Bahwa saya akan berusaha menyelesaikan segala permasalahan partai dengan asas kekeluargaan. Bahwa saya akan bekerja dengan jujur, adil, rajin, dan bersemangat untuk kepentingan partai, negara, dan bangsa," sambung Megawati.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya