Daerah Jum'at, 04 Maret 2022 | 10:03

Aksi Emak-emak Tolak Tambang di Konawe Sultra Viral, Ini Penyebabnya

Lihat Foto Aksi Emak-emak Tolak Tambang di Konawe Sultra Viral, Ini Penyebabnya Sejumlah emak-emak pingsan saat demo tolak tambang di Konawe. (Foto: Video viral)
Editor: Rio Anthony

Konawe - Aksi warga menolak aktivitas tambang di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), Sulawesi Tenggara (Sultra) viral di media sosial.

Penyebabnya, sejumlah emak-emak yang melakukan protes melepas bajunya di tengah kerumunan warga yang sedang melakukan aksi.

Aksi tolak tambang tersebut terjadi di desa Sukarelajaya RT03 RW03, Kecamatan Wawonii Tenggara, Kabupaten Konawe Kepulauan, Sultra, Kamis 3 Maret 2022 kemarin.

Dari informasi beredar, penolakan tambang tersebut dipicu sengketa lahan antara warga dan perusahaan tambang. Aksi tolak tambang di lokasi terekam kamera warga.

Di video yang beredar luas di Media Sosial, tampak sebuah eskavator diduga milik salah satu perusahaan tambang tengah dikerahkan menuju sebuah lahan.

Puluhan pria berbadan kekar lantas berusaha menghadang alat berat tersebut.

Selanjutnya alat berat itu terhenti karena sejumlah emak-emak dan warga lainnya ikut melakukan penghadangan.

Terlihat juga warga melakukan aksi saling dorong dengan puluhan pria bertubuh kekar.

Di tengah aksi saling dorong itulah kemudian ada sejumlah emak-emak tampak histeris dan jatuh ke tanah.

Tidak kurang dari lima orang emak-emak terjatuh histeris dan pakaiannya terbuka. Namun, aksi saling dorong terus terjadi.

Bahkan tampak seorang emak-emak yang naik ke alat berat tersebut. Selanjutnya emak-emak itu melepaskan bajunya di tengah kerumunan massa di lokasi. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya