Daerah Kamis, 17 Februari 2022 | 10:02

Banjir di Kota Samarinda Kaltim, 295 Rumah Tergenang

Lihat Foto Banjir di Kota Samarinda Kaltim, 295 Rumah Tergenang Kondisi banjir yang mulai surut di Kota Samarinda. (Foto: BNPB)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Dua kelurahan di Kecamatan Palaran, Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur, terdampak banjir sejak Selasa, 15 Februari 2022. Dua wilayah terdampak banjir, yaitu Kelurahan Rawa Makmur dan Bukuan.

Tinggi muka air di wilayah Rawa Makmur menunjukkan penurunan. Saat banjir terjadi ketinggian muka air berkisar 30 – 100 cm.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Samarinda menginformasikan cuaca berawan. Kondisi ini diharapkan dapat mempercepat penyusutan genangan banjir. Sebanyak 290 KK di dua kelurahan tersebut terdampak.

Banjir terjadi setelah hujan lebat mengguyur kawasan Palaran, tidak menyebabkan adanya pengungsian warga. Meskipun demikian warga tetap waspada terhadap potensi banjir susulan dan personel BPBD tetap bersiaga untuk mengantisipasi dampak yang lebih buruk.

Baca juga: 16.811 Jiwa Terdampak Banjir di Kalimantan Barat

Kerugian material teridentifikasi pada perumahan warga 295 unit, fasilitas pendidikan 6 unit, tempat ibadah 2 unit dan puskesmas 1 unit. BPBD Kota Samarinda belum mendeskripsikan tingkat kerusakan akibat banjir tersebut.

BNPB mengimbau pemerintah daerah dan warga untuk siap siaga dan waspada. Prakiraan cuaca Kecamatan Palaran masih berpeluang hujan dengan intensitas ringan-hujan petir pada Kamis, 17 Februari 2022.

Kesiapsiagaan komunitas sangat penting untuk mengantisipasi dampak banjir, seperti penyiapan tempat evakuasi sementara dengan penerapan protokol kesehatan. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya