Daerah Kamis, 03 Maret 2022 | 18:03

Banjir yang Menggenangi 51 Rumah Warga di Langkat Mulai Surut

Lihat Foto Banjir yang Menggenangi 51 Rumah Warga di Langkat Mulai Surut Banjir yang menggenangi beberapa wilayah di Kabupaten Langkat mulai berangsur surut. (Foto: BNPB)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Sebanyak 51 unit rumah warga terendam banjir di Kabupaten Langkat, Sumatra Utara pada Selasa, 1 Maret 2022 sekitar pukul 05.00 WIB. Beruntung banjir mulai berangsur surut.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Langkat pada Kamis, 3 Maret 2022 pukul 01.00 WIB melaporkan kondisi mulai surutnya banjir.

Peristiwa banjir ini terjadi setelah hujan lebat yang menyebabkan debit air Sungai Sei Lepan meluap.

Sedikitnya 51 KK rumahnya terendam banjir, yang tersebar di sejumlah kelurahan dan desa di dua kecamatan. Namun sejauh ini tidak ada laporan warga yang mengungsi.

Kelurahan terdampak, yaitu Desa Pematang Cengal Barat di Kecamatan Tanjung Pura, Desa Lama Baru, dan Kelurahan Harapan Jaya di Kecamatan Sei Lepan.

Banjir yang sempat menggenangi 51 unit rumah di wilayah Kabupaten Langkat kini mulai berangsur surut. (Foto: BNPB)

BPBD setempat bersama TNI, Polri, dinas terkait dan warga di lokasi terdampak melakukan penanganan darurat.

Meskipun banjir belum surut total, warga sudah mulai beraktivitas seperti biasanya. BPBD dan unsur pemerintah lainnya telah menyalurkan bantuan logistik makanan dan minuman kepada warga terdampak.

Prakiraan cuaca di beberapa wilayah kabupaten/kota Provinsi Sumatera Utara masih terpantau berpotensi hujan sedang hingga lebat di wilayah pegunungan, lereng barat, lereng timur dan pantai barat pada Jumat, 4 Maret 2022.

Pemerintah daerah dan warga diharapkan tetap waspada dan siaga dalam mengantisipasi potensi banjir susulan. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya