Hiburan Senin, 18 Desember 2023 | 13:12

Bertema Irama Pesisir, Collabonation X Hadirkan The Panturas, Lorjhu' dan Putra Sriwijaya

Lihat Foto Bertema Irama Pesisir, Collabonation X Hadirkan  The Panturas, Lorjhu' dan Putra Sriwijaya Grup musik The Panturas. (Foto: Istimewa)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - The Panturas, Lorjhu`, Iga Massardi, dan Putra Sriwijaya berkolaborasi dalam program terbaru Collabonation X dari IM3 bertajuk Irama Pesisir. Mereka bakal bereksperimen menghasilkan karya sesuai tema.

Lewat keterangan tertulisnya, vokalis, gitaris, dan penulis lagu di Barasuara, Iga Massardi selaku penggagas Irama Pesisir mengatakan bahwa setiap volume Collabonation X membawa ciri khas yang berbeda.

"The Panturas dan Lorjhu` adalah dua entitas yang serupa tapi tak sama. Kolaborasi mereka adalah kulminasi dua titik yang sekilas berseberangan namun nyatanya bergaris lurus secara musikal," ucap Iga Massardi, dikutip Opsi pada Senin, 18 Desember 2023.

Iga bilang, kolaborasi antara grup musik folk rock asal Madura Lorjhu` dengan The Panturas yang memiliki karakter musik rock selancar kontemporer, menjadi peleburan yang menghasilkan karya unik antara mereka.

"Memadupadankan dua aliran musik yang sangat berbeda tentunya merupakan sebuah proses kolaborasi yang unik. Karya yang dihasilkan dari kombinasi musik tradisional Madura dan musik folk rock serta surf rock dengan ciri khasnya masing-masing pasti memberikan kejutan baru bagi penikmat musik lintas generasi," tuturnya.

Grup musik The Panturas. (Foto: Istimewa)

Dalam Irama Pesisir, audiens dapat melihat dan menikmati para kolaborator membawakan empat lagu – yaitu Can Macanan dan Abhantal Ombak milik Lorjhu` serta Tipu Daya dan Tafsir Mistik karya The Panturas – dengan berlatarkan pesisir pantai Anyer dan ditambah sentuhan Saronen, alat musik tradisional asal Madura yang dibawakan oleh Putra Sriwijaya.

Tak hanya itu, Irama Pesisir juga menampilkan berbagai kesenian tradisional seperti tarian Can Macanan yang merupakan sejenis tarian barongsai dari Madura, serta tarian Hadrah yang merupakan tarian gabungan dari budaya Islam yang berasal dari Jawa Timur.

Baca juga: Provider IM3 Hadirkan Dunia Collabonation di Festival Pestapora 2022

Baca juga: Sambut Akhir Tahun 2023, Indosat Gelar Program Pesta Hadiah IM3

Iga berharap, Collabonation X Vol. 3 ini bisa membawa audiens ke level baru dalam menikmati karya yang eksperimental dan eksploratif ini. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya