Hukum Selasa, 02 Agustus 2022 | 14:08

BPOM Mamuju Amankan 1002 Jenis Produk Kosmetik Ilegal

Lihat Foto BPOM Mamuju Amankan 1002 Jenis Produk Kosmetik Ilegal Produk kosmetik ilegal yang berhasil diamankan BPOM di enam kabupaten se Sulbar. (Foto: Opsi/Eka Musriang)
Editor: Rio Anthony Reporter: , Eka Musriang

Mamuju - Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) di Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), berhasil mengamankan 1002 jenis produk kosmetik ilegal.

Hal tersebut disampaikan Kepala BPOM Mamuju, Sulbar, Lintang Purba Jaya, saat menggelar konferensi pers, Selasa, 2 Agustus 2022.

Lintang Purba mengungkapkan, pihaknya berhasil mengamankan produk kosmetik ilegal tersebut setelah melakukan razia di enam kabupaten se Sulbar.

"Ini hasil kami selama proses razia sebulan terakhir," kata Lintang Purba.

Ia juga mengungkapkan, pihaknya melakukan razia dalam bentuk online mau pun turun langsung ke lapangan.

"Semua kosmetik ilegal tersebut saat ini disita di gudang milik BPOM, selanjutnya akan dimusnahkan," katanya.

Dalam razia kosmetik ilegal tersebut, kata Lintang Purba, sekira 944 jenis produk kosmetik tanpa izin edar dan 58 jenis produk kosmetik mengandung bahan berbahaya.

"Nilai ekonomi dari produk kosmeik ilegal yang beradar di Sulbar tersebut mencapai Rp 37 juta," kata Lintang Purba.

Ia menjelaskan, pihaknya juga berhasil menyita alat dan bahan yang digunakan untuk memproduksi kosmetik ilegal yang berbahaya.

"Untuk penjualnya, kami belum tangkap karena kami berikan peringatan dulu," katanya.

Lintang Purba mengimbau, seluruh masyarakat Sulbar menjadi konsumen yang cerdas dengan memilih kosmetik berdasarkan rekomendasi tenaga kesehatan.

"Untuk mendapatkan informasi yang jelas mengenai produk obat dan makanan dapat menggunakan aplikasi BPOM," kata Lintang Purba. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya