Daerah Kamis, 02 Desember 2021 | 06:12

Coletot, Perpaduan Kuliner Khas Jabar-Yogyakarta Rasa Bintang Lima Harga Kaki Lima

Lihat Foto Coletot, Perpaduan Kuliner Khas Jabar-Yogyakarta Rasa Bintang Lima Harga Kaki Lima Gubernur Jabar Ridwan Kamil bersama G.K.R. Bendara saat mencicipi Coletot di Yogyakarta.
Editor: Yohanes Charles

Yogyakarta - Kolaborasi Jawa Barat (Jabar) - Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta tidak hanya terjalin dalam sektor pariwisata dan kebudayaan, tetapi juga kuliner. Hal itu terwujud dalam perpaduan makanan khas Jabar, colenak dan makanan khas Yogyakarta, gatot.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menamai makanan yang dibuat Chef Hardian Eko Nurseto tersebut, Coletot. 

Coletot merupakan penggabungan dari colenak dan gatot. Keunikan coletot ini tak hanya dari segi rasa yang asam manis tapi juga teksturnya yang kenyal.

 Usai meresmikan Jabar Motekar: Pameran Ridwan Kamil dan Industri Kreatif Jabar di Jogja Museum Nasional, DI Yogyakarta 1 Desember 2021, Kang Emil sapaan Ridwan Kamil dan Ketua DPP PUTRI DI Yogyakarta G.K.R Bendara mencicipi Coletot.

"Saya kasih nilai 9 untuk makanan ini. Ini hasil kolaborasi dua makanan khas daerah yang dieksekusi dengan baik. Rasa manisnya pas. Coletot ini lahir dari gabungan budaya Jabar dan Jawa. Rasa bintang lima harga kaki lima," ucap Kang Emil

G.K.R. Bendara pun mengaku puas dengan hasil inovasi makanan bernama Coletot tersebut. Menurutnya Coletot cocok dengan lida orang Indonesia. 

"Saya kasih nilai 9,5 kalau ada porsi tambahan," ucapnya sambil tertawa.

Kunjungan Kang Emil ke DI Yogyakarta untuk memenuhi undangan dari Gubernur Sri Sultan Hamengkubuwono X. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya