Daerah Jum'at, 11 Februari 2022 | 20:02

Covid-19 di Sumut Kembali Naik, Edy Rahmayadi Mengadu ke Para Tokoh

Lihat Foto Covid-19 di Sumut Kembali Naik, Edy Rahmayadi Mengadu ke Para Tokoh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi memberikan keterangan kepada wartawan. (Foto: Istimewa)
Editor: Tigor Munte Reporter: , Andi Nasution

Medan - Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengadu ke para tokoh di provinsi tersebut guna meminta bantuan dalam menekan penyebaran Covid-19 yang kembali mengalami grafik meningkat dalam beberapa waktu belakangan. 

Edy juga meminta kepada para tokoh agar mengingatkan masyarakat tetap patuh dan disiplin dalam penegakan protokol kesehatan di tengah wabah yang kembali mengganas. 

Dalam pertemuan dengan para tokoh Adat, agama, budaya dan pemuda itu, mengemuka beberapa kemungkinan yang dapat dilakukan, termasuk peningkatan disiplin protokol kesehatan, hingga pemberlakuan penyekatan mobilisasi masyarakat jika kondisi kurang baik. 

BACA JUGA: Omicron Tak Ada di Sumut, Ini Langkah Antisipasi Gubernur Edy Rahmayadi

"Belajar dari pengalaman, kasus ke kasus Covid-19 di Sumut, mulai varian Alfa, Delta dan terakhir ini Omicron. Ini kita mengantisipasi, melakukan sosialisasi dan edukasi kepada seluruh rakyat. Melalui tokoh-tokoh ini, saya mengadu dan meminta bantuan agar hal ini disebarkan kepada seluruh masyarakat. Karena mereka punya jaringan sampai ke tingkat desa," ujar Edy kepada wartawan, Jumat, 11 Februari 2022 usai bertemu para tokoh di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur, Jalan Sudirman Medan. 

Untuk unsur Forkopimda, kata mantan Pangkostrad ini, juga telah disampaikan agar seluruh jajaran bisa saling menguatkan dan mengingatkan pentingnya disiplin protokol kesehatan. Mengingat telah banyak kelonggaran sejak angka penularan Covid-19 turun mulai pertengahan tahun lalu. 

BACA JUGA: Cegah Penularan Covid-19 varian Omicron, Kemenkumham Batasi Orang Asing Masuk RI

"Ini (Omicron) lebih dahsyat dan cepat penularannya dibanding varian lain. Untuk itu rakyat juga harus cepat tahu. Intinya adalah protokol kesehatan. Yaitu penggunaan masker, masker, masker. Kemudian segera lakukan vaksinasi," tegas Edy. 

Sementara Tim Kesehatan Satgas Covid-19, Restuti Saragih menyebutkan bahwa saat ini pihaknya tengah melakukan pendataan terkait penularan Covid-19 di berbagai daerah. Terutama data yang terkonfirmasi positif, khususnya sekolah atau institusi pendidikan. [] 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya