News Minggu, 27 Maret 2022 | 13:03

Dendam ke Ganda Malaysia Terbalas, Fajar/Rian ke Final Swiss Open 2022

Lihat Foto Dendam ke Ganda Malaysia Terbalas, Fajar/Rian ke Final Swiss Open 2022 Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto lolos ke final Swiss Open 2022. (Foto: PBSI)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Setelah dalam empat pertemuan sebelumnya tidak pernah menang, pasangan ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto akhirnya menemukan hari untuk revans terhadap pasangan Aaron Chia/Soh Wooi Yik dari Malaysia.

Semifinal Swiss Open 2022 menjadi ajang ganasnya Fajar/Rian menyingkirkan unggulan kedua tersebut. Berlaga di St Jakobshalle, Basel pada Sabtu, 26 Maret 2022, Fajar/Rian menang 22-20, 13-21, dan 21-8.

Hasil ini juga memastikan, Fajar/Rian kembali ke final pertama kali setelah lebih dari dua tahun. Mereka terakhir kali menembus babak final adalah di Korea Terbuka medio September 2019.

“Pertama-tama mengucap syukur alhamdulillah bisa menyelesaikan pertandingan dengan lancar dan tanpa cedera,” kata Rian dilansir dari situs PBSI, Minggu, 27 Maret 2022.

“Rasanya pasti senang ya, setelah empat pertemuan kami belum pernah menang sama sekali jadi pas hari ini menang bisa menambah kepercayaan diri kita. Ini juga masuk final pertama setelah lama sekali,” sambungnya.

Baca juga: Viktor Axelsen Mundur dari Swiss Open 2022, Peluang Bagi Jojo dan Ginting

Bermain menyerang dan sabar menjadi kunci kemenangan ganda putra peringkat sembilan dunia itu.

“Gim pertama kami lebih banyak mengadu di bola depan, kami berusaha untuk selalu menyerang lebih dulu. Di gim kedua di angka sembilan sama saya melakukan drive tapi menyangkut di net, setelah itu mereka berbalik percaya diri dan banyak menginisiasi serangan. Kami malah kehilangan fokus,” terang Rian.

“Di gim ketiga kami  coba menerapkan pola yang sama dengan gim pertama, kontrol bola depan dan terus ambil serangan. Pelatih juga selalu menginstruksikan dan mengingatkan kami untuk berani di bola depan dan siap defend-nya,” tutur Rian lagi.

Walau menang, Fajar/Rian mengaku tidak mau terlalu larut dalam euforia dulu. Mereka langsung mengalihkan fokus ke laga final. 

Di final Fajar/Rian akan berhadapan dengan Goh Sze Fei/Nur Izzuddin dari Malaysia. Di Semifinal mereka mengalahkan wakil Indonesia Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan.

Selain Fajar/Rian, Indonesia sudah meloloskan wakil tunggal putra Jonatan Christie ke laga puncak setelah mengalahkan Kidambi Srikanth dari India dengan skor 18-21, 21-7, 21-13.

Anthony Sinisuka Ginting terhenti oleh wakil India Prannoy H.S, 19-21, 21-19, 18-21. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya