News Sabtu, 20 November 2021 | 12:11

Desain Surat Suara Pemilu 2024 Jadi Lebih Sederhana

Lihat Foto Desain Surat Suara Pemilu 2024 Jadi Lebih Sederhana Ketua KPU RI, Ilham Saputra. (Foto: dok. KPU)
Editor: Eno Dimedjo Reporter: , Victor Jo

Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan pengubahan desain surat suara yang akan digunakan pada pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang menjadi lebih sederhana. Keputusan ini diambil usai adanya evaluasi terhadap penyelenggaraan Pemilu 2019 lalu.

 

Hal itu diungkapkan Ketua KPU RI, Ilham Saputra, saat membuka kegiatan “Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara pada Penyederhanaan Desain Surat Suara serta Formulir Pemilu Tahun 2024” yang dilaksanakan secara langsung di KPU Sulawesi Utara dan disiarkan dalam kanal YouTube KPU RI.

 

"Ini ikhtiar kami bagaimana mempermudah pelaksanaan pemungutan suara dan penghitungan suara," kata Ilham Saputra, dikutip Opsi pada Sabtu, 20 November 2021.

 

Ilham menuturkan, pada pelaksanaan Pemilu 2019 keberadaan 5 surat suara membuat banyak staf penyelenggara merasa kesulitan saat menghitung dan mengisi formulir cek hasil.

 

Pemilih juga disebut Ilham mengalami kesulitan dalam memastikan mereka telah memilih secara tepat dan benar sesuai dengan ketentuan yang diberlakukan KPU.

 

Dengan demikian, Ilham menuturkan bahwa kebijakan penyederhanaan desain surat suara ini diharapkan dapat membenahi penyelenggaraan Pemilu 2024 sehingga menjadi lebih baik. Proses simulasi juga telah dilakukan secara internal oleh KPU RI.

 

Keputusan penyederhanaan desain surat suara dilakukan setelah melalui proses riset, penyelenggaraan forum diskusi, dan masukan dari pihak-pihak ahli sehingga diperoleh sistem dan mekanisme pemungutan suara yang lebih baik.

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya