News Jum'at, 22 April 2022 | 00:04

Di Hadapan Ratusan Kader, Ketum GMKI dan Ketua KPK Komitmen Kerja Sama Pencegahan Korupsi

Lihat Foto Di Hadapan Ratusan Kader, Ketum GMKI dan Ketua KPK Komitmen Kerja Sama Pencegahan Korupsi Ketua Umum PP GMKI Jefri Gultom (kiri) dan Ketua KPK Firli Bahuri (kanan). (foto: dok Opsi).

Jakarta - Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) melakukan webinar virtual bertemakan "Peran Mahasiswa dan Pemuda Gereja Dalam Memberantas Korupsi" yang dihadiri Ketua KPK Firli Bahuri pada Kamis, 21 April 2022. Hal ini untuk mengedukasi pencegahan korupsi pada mahasiswa.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua KPK berpesan agar kader GMKI menjadi garda terdepan dalam mempelopori pencegahan korupsi di Indonesia.

"Harapan saya, GMKI menjadi garda terdepan mewujudkan Indonesia yang bebas korupsi dan KPK siap membekali mahasiswa dalam pengetahuan anti korupsi," ujar Firli Bahuri dalam rilis pers diterima Opsi, Kamis, 21 April 2022.

Lebih lanjut, Firli Bahuri menyampaikan komisi antirasuah siap berkolaborasi dengan GMKI untuk mengedukasi masyarakat dalam rangka pencegahan korupsi sejak dini dan korupsi menjadi tanggung jawab moral seluruh anak bangsa.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua PGI, Pdt Gomar Gultom menyampaikan PGI ikut serta memberikan edukasi kepada jemaat geraja di Indonesia melalui program pembuatan buku pendidikan korupsi bagi agama kristen serta memberikan edukasi kepada jemaat gereja.

Kader GMKI ikuti diskusi virtual Kamis, 21 April 2022. (foto: dok Opsi).

Lebih lanjut, Ketum PGI mengajak GMKI berkolaborasi melakukan pencegahan korupsi melalui proses kaderisasi anti korupsi bagi mahasiswa dan pemuda gereja

Sementara, Ketua Umum GMKI Jefri Gultom memaparkan indeks persepsi korupsi berada peringkat 96 dari 180 negara dengan skor 38.

"Data tersebut menunjukan, budaya korupsi Indonesia mengakar dari pemimpin tingkatan bawah hingga tingkatan pusat" ujar Jefri Gultom

Selain itu, Jefri Gultom juga menyoroti korupsi anggaran desa, bantuan sosial dan korupsi yang dilakukan oleh aparat penegakan hukum.

"Di tengah gejolak pandemi dan geopolitik, masih ada berani melakukan tindakan korupsi yang membuat rakyat semakin susah dan sengsara" ujar Jefri Gultom.

Lebih lanjut Jefri mengajak seluruh mahasiswa untuk konsisten dan memiliki komitmen teguh mengawal pemberantasan korupsi

"Tidak hanya sebatas jargon menolak korupsi, melainkan tindakan untuk melawan korupsi. Korupsi adalah cara ampuh menghancurkan sebuah negara sehingga harus dilawan," ucap Jefri Gultom.

Diskusi yang berlangsung kurang lebih 2 jam ini dihadiri oleh 250 kader GMKI. Selain dihadiri Ketua KPK Firli Bahuri, Ketum GMKI dan Ketua PGI Pdt. Gomar Gultom, diskusi ini juga menampilkan Direktur Pembinaan Peran Serta Masyarakat Kumbul Kusdwijanto Sudjadi. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya