Daerah Senin, 03 Oktober 2022 | 20:10

Duo Silalahi Bertarung Merebut Wakil Wali Kota Siantar 2022-2027

Lihat Foto Duo Silalahi Bertarung Merebut Wakil Wali Kota Siantar 2022-2027 Sondi Silalahi menerima SK dari Ketua DPD PDIP Sumut Rapidin Simbolon, Senin, 3 Oktober 2022. (Foto: Facebook)
Editor: Tigor Munte

Siantar - PDIP mengusulkan Sondi Pittor Manahan Silalahi sebagai calon Wakil Wali Kota Pematangsiantar 2022-2027. 

Ini untuk mengisi kekosongan jabatan tersebut setelah Susanti Dewayani menjadi Wali Kota Pematangsiantar sejak Agustus 2022 lalu.

Susanti sebelumnya menjadi Wakil Wali Kota Pematangsiantar, yang dilantik pada Februari 2022. 

Wali Kota Pematangsiantar terpilih hasil Pilkada 2020, Asner Silalahi meninggal dunia sebelum dilantik. Asner meninggal tahun 2021 akibat terkena Covid-19.

Sondi merupakan putra dari almarhum Asner. Sondi ditetapkan sebagai calon Wakil Wali Kota Pematangsiantar oleh PDIP yang keputusannya diteken Ketua DPP PDIP Bambang Wuryanto dan Sekjen Hasto Kristiyanto pada 23 September 2022.

Ketua DPD PDIP Sumatra Utara Rapidin Simbolon menyerahkan secara langsung surat keputusan tersebut kepada Sondi di Medan, pada Senin, 3 Oktober 2022.

Dalam surat keputusan disebutkan, DPP PDIP menetapkan Sondi Pittor Manahan Silalahi sebagai calon Wakil Wali Kota Pematangsiantar 2022-2027.

Baca juga:

DPRD Siantar Surati Mendagri Usulkan Pemberhentian Susanti Dewayani

DPC PDIP bersama dengan Pimpinan dan Anggota Fraksi PDIP DPRD Kota Pematangsiantar diinstruksikan untuk mengusulkan Sondi Pittor Manahan Silalahi sebagai Wakil Wali Kota Pematangsiantar dari PDIP dalam rapat paripurna DPRD Kota Pematangsiantar.

DPC PDIP bersama dengan Pimpinan dan Anggota Fraksi PDIP DPRD Kota Pematangsiantar diminta mengamankan, menjalankan, dan memperjuangkan Sondi Pittor Manahan Silalahi menjadi Wakil Wali Kota Pematangsiantar 2022-2027 serta menggalang dukungan dari fraksi partai politik lain.

"Kepada mereka yang tidak mengindahkan instruksi dan melakukan aktivitas keluar dari kebijakan ini diberikan sanksi organisasi," kata Bambang Wuryanto.

Sebelumnya, DPC PDIP Pematangsiantar mengusulkan nama Sondi pada 12 April 2022, dan DPD PDIP Sumut pada 13 Juli 2022 perihal usulan bakal calon Wakil Wali Kota Pematangsiantar kepada DPP PDIP. 

Ketua Bappilu PDIP Pematangsiantar, Togi Imron Siregar mengatakan, terhadap Sondi diberikan mandat untuk kemudian melakukan komunikasi dengan parpol lainnya.

Mangatas Silalahi. (Foto: Facebook)

Diketahui ada delapan partai politik pengusung Asner-Susanti pada Pilkada 2022 lalu. Selain PDIP, partai lainnya adalah Golkar, Demokrat, Hanura, NasDem, Gerindra, PKPI, dan PAN.

Partai Golkar sendiri sudah mengumumkan calon Wakil Wali Kota Pematangsiantar yang akan diusung, yakni Mangatas Silalahi yang merupakan Ketua DPD II Partai Golkar Pematangsiantar.

Sondi dan Mangatas diperkirakan akan bersaing untuk merebut jabatan Wakil Wali Kota mendampingi Susanti.

Untuk menentukan Wakil Wali Kota, DPRD setempat akan melakukan rapat paripurna pemilihan, setelah menerima calon yang diusung parpol. 

Di DPRD Pematangsiantar sebanyak 30 kursi hasil Pileg 2019 lalu. 

PDIP 8 kursi, Golkar 5 kursi, Hanura dan NasDem masing-masing 4 kursi, Gerindra 3 kursi, Demokrat 3 kursi, PAN 2 kursi, dan PKPI 1 kursi. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya