News Selasa, 26 April 2022 | 12:04

Elektabilitas PDIP Tertinggi Menurut Lembaga Survei

Lihat Foto Elektabilitas PDIP Tertinggi Menurut Lembaga Survei Ketua DPP PDIP Puan Maharani. (Foto: Twitter)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP masih menjadi parpol dengan tingkat elektabilitas tertinggi dibandingkan parpol lainnya.

Hasil survei terbaru dari Charta Politika yang dirilis pada Senin, 25 April 2022, menyebutkan parpol yang dipimpin Megawati Soekarnoputri itu masih pilihan teratas warga saat dilakukan survei pada 10-17 April 2022 lalu.

Direktur Eksekutif Charta Politik Indonesia menyebut survei dilakukan melalui wawancara tatap muka secara langsung dengan menggunakan kuesioner terstruktur. 

Jumlah sampel sebanyak 1220 responden, yang tersebar di 34 Provinsi. Metodologi yang digunakan adalah metode acak bertingkat dengan margin of error sekitar 2.83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca juga:

Rajin Keliling, Sandiaga Uno Masuk Bursa Cawapres Teratas Versi Survei

"Pada survei ini juga menyajikan tren dari data hasil survei-survei nasional yang pernah dilakukan Charta Politika Indonesia sebelumnya," kata dia, dilansir Selasa, 26 April 2022.

Disebutkan hasil temuan survei pada sisi peta elektoral, PDIP menjadi pilihan tertinggi jika pemilu legislatif dilaksanakan pada periode survei dilakukan.

PDIP meraih 24, 7 persen, menyusul Partai Gerindra 11,9 persen dan terjadi kejutan di mana PKB menyodok urutan ke-3. Posisi yang kerap diduduki Partai Golkar.

PKB meraih 9,8 persen, sedangkan Partai Golkar 9,2 persen, PKS 7,7 persen, Partai Demokrat 7,0 persen, Partai NasDem 5,1 persen, PPP 2,0 persen, PAN 1,5 persen dan Perindo 1,1 persen.

Sementara parpol lainnya berada di bawah 1 persen, seperti Partai Gelora 0,3 persen, Hanura 0,3 persen, Partai Ummat 0,2 persen, PSI 0,2 persen, PBB 0,1 persen, dan Partai Garuda 0,1 persen. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya