Pilihan Kamis, 24 Februari 2022 | 12:02

Emil Dardak, Sosok Pemimpin yang Disukai Emak-emak

Lihat Foto Emil Dardak, Sosok Pemimpin yang Disukai Emak-emak Emil Elestianto Dardak. (Foto: Facebook)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dalam rembuk rakyat mencari penerus Jokowi menemukan sembilan calon pemimpin Indonesia. Salah satu nama disebut Emil Elestianto Dardak.

Ketua Umum PSI Giring Ganesha dalam keterangan publiknya, Kams, 24 Februari 2024 menyebut, dari hasil rembuk rakyat mencari penerus Jokowi ada sembilan nama.

Mereka adalah Emil Dardak, Erick Thohir, Ganjar Pranowo, Mahfud Md, Muhammad Andika Perkasa, Muhammad Ridwan Kamil, Muhammad Tito Karnavian, Najwa Shihab, dan Sri Mulyani Indrawati.

Emil lahir di Jakarta, 20 Mei 1984. Saat ini, Emil adalah Wakil Gubernur Jawa Timur yang menjabat sejak 13 Februari 2019. 

Suami dari Arumi Bachsin ini menyelesaikan gelar doktor di Ritsumeikan Asia Pacific University, Jepang pada usia 22 tahun.

Pernah berkarier di World Bank Officer di Jakarta, Media Analysis Consultant di Ogilvy, dan Chief Business Development and Communication-Executive Vice President di PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero).

Baca juga: Meryl Rouli Saragih Ajak Perempuan di Sumut Terjun ke Dunia Politik

Pada 2015, Emil menang dalam Pilkada Kabupaten Trenggalek dan menjadi Bupati. Politisi Partai Demokrat ini mulai menjabat sejak 17 Februari 2016 hingga 12 Februari 2019.

Saat menjabat Bupati Trenggalek, Emil meraih penghargaan dari BPK RI dalam hal pengelolaan anggaran dan aset pemkab.

Di bawah kepemimpinannya, Trenggalek juga kembali meraih penghargaan Piala Adipura pada 2017.

Selain itu, sebagai bupati, Emil masuk dalam daftar deretan kepala daerah terbaik dunia dan menjadi mitra Bloomberg Harvard City Leadership Initiative pada 2018.

Teranyar dari sebuah riset yang dilakukan Surabaya Survey Center (SSC) menunjukkan, sosok Emil merupakan politikus terpopuler di kalangan emak-emak.

“Emil, Kusnadi, dan Anwar Sadad bersaing ketat secara popularitas yang menyasar responden dari kalangan emak-emak,” ungkap Peneliti Senior SSC Surokim Abdussalam, Rabu, 23 Februari 2022 dilansir dari Kompas.com.

Kata Rokim, survei popularitas para politikus yang juga menjabat sebagai pimpinan partai politik menunjukkan bahwa popularitas Emil memperoleh hasil 76,2 persen. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya