Pilihan Senin, 07 Maret 2022 | 19:03

Fauzi Ikhsan, Putra Seorang Fotografer Calon Wakil Ketua DK OJK 2022-2027

Lihat Foto Fauzi Ikhsan, Putra Seorang Fotografer Calon Wakil Ketua DK OJK 2022-2027 Mohamad Fauzi Maulana Ichsan atau Fauzi Ikhsan. (Foto: akr.co.id)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Mohamad Fauzi Maulana Ichsan atau karib disebut Fauzi Ikhsan, satu dari tiga kandidat Wakil Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) hasil pilihan panitia seleksi yang diketuai Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Nama Fauzi Ikhsan diumumkan pansel bersama 20 nama lainnya sebagai calon anggota Dewan Komisioner OJK Periode 2022-2027. Nama mereka diserahkan pansel ke Presiden Jokowi pada Senin, 7 Maret 2022.

Presiden Jokowi selanjutnya akan memilih 14 nama, untuk kemudian diserahkan ke DPR RI guna memilih tujuh nama anggota Dewan Komisioner OJK Periode 2022-2027 mendatang.

Fauzi Ikhsan akan bersaing dengan dua nama lainnya mendapatkan jabatan strategis yang akan mengawasi sektor keuangan di Tanah Air lima tahun ke depan.

Fauzi adalah pria kelahiran Jakarta, 27 Januari 1970. Dia anak dari Firman Ichsan, dikenal seorang fotografer, dan pelukis dan ibunya adalah Poppy Dharsono seorang desainer terkenal. 

Baca juga: Ini 21 Calon Anggota Dewan Komisioner OJK 2022-2027

Dirangkum dari berbagai sumber, Fauzi menyelesaikan kuliahnya di London School of Economics (LSE), University of London dan melanjutkan S2 di Massachusetts Institute of Technology (MIT), Cambridge, Massachusetts, USA.

Fauzi mengawali karier sebagai analis junior di Kementerian Keuangan pada tahun 1991. Kemudian pada 1995, ia menjadi peneliti ekonomi di Citibank Indonesia. 

Kariernya terus melesat, hingga pada 1998, Fauzi dipercaya sebagai penasihat senior di bidang ekonomi di Kedutaan Besar Inggris untuk Indonesia. 

Saat ini, ia menjabat sebagai Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) atau Indonesia Financial Group (IFG), Holding BUMN Asuransi dan Penjaminan.

Dulunya dia adalah Direktur Pelaksana dan Ekonom Senior Standard Chartered Bank Indonesia, dan sekarang telah menempati jabatan baru sebagai Anggota Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan menggantikan posisi Rizal Bambang Prasetijo yang sudah habis masa jabatannya. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya