Daerah Kamis, 20 Januari 2022 | 20:01

Gandeng Kodam I/BB, Komitmen PT Inalum di Danau Toba Berlanjut

Lihat Foto Gandeng Kodam I/BB, Komitmen PT Inalum di Danau Toba Berlanjut Senior Executive Vice Presiden Operasi PT Inalum, Rainaldy Harahap menanam pohon di Daerah Tangkapan Air Danau Toba. (Foto: Opsi/Istimewa)
Editor: Rio Anthony

Medan - PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau yang lebih dikenal masyarakat luas dengan sebutan Inalum, terus menunjukkan komitmennya di kawasan Danau Toba.

Kali ini, bekerjasama dengan Komando Daerah Militer I/Bukit Barisan, PT Inalum melakukan program penanaman pohon di Desa Sosorpea, Kecamatan Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Lahan yang ditanami seluas 10 hektar, terdiri dari 4.000 bibit tanaman Macadamia Nuts dan 1.000 bibit tanaman Mahoni.

Kerjasama penanaman pohon itu bahkan telah dimulai sejak 2021 yang ditandai dengan acara seremonial dihadiri oleh Pangdam I/BB, Mayjen Hasanuddin, Aster Kesdam I/BB, Kolonel Susanto Lastua Manurung, Danrem 022 Pantai Timur, Kolonel Inf Parlindungan Hutagalung, Dan Rindam I/BB, Kolonel Infanteri Budhi Utomo, Sekda Simalungun, Esron Sinaga, Kepala BPDASHL Asahan-Barumun, Dwi Januanto Nugroho.

Adapun dari manajemen PT Inalum (Persero) yang hadir, Senior Executive Vice Presiden Operasi, Rainaldy Harahap dan Kepala Administarsi PLTA PT Inalum, Ari Bowo.

Senior Executive Vice President Operasi PT Inalum (Persero), Rainaldy Harahap mengatakan, program penanaman pohon ini merupakan wujud komitmen Inalum dalam upaya melestarikan lingkungan hidup di daerah tangkapan air Danau Toba, dan mengharapkan peran serta seluruh pihak dan masyarakat untuk menjaga dan merawat usaha yang telah dilaksanakan.

"Inalum dan Kodam I/BB juga memberikan perhatian untuk mengurangi beban ekonomi masyarakat, khususnya pada masa pandemi ini berupa bantuan Sembako kepada masyarakat yang kurang mampu disekitar perusahaan," kata Rainaldy dalam siaran pers diterima, Kamis, 20 Januari 2022.

Rainaldy mewakili manajemen perusahaan juga engucapkan terima kasih kepada Kodam I/BB, pemerintah daerah dan masyarakat khususnya yang berada di kawasan Danau Toba, yang telah memberikan dukungan positif terhadap kegiatan operasional PT Inalum (Persero).

Mayjen Hasanuddin pun mengapresiasi dan terima kasih atas kolaborasi yang dijalin oleh PT Inalum.

Ia juga berterima kasih kepada instansi lain serta seluruh masyarakat yang telah bersinergi dalam kegiatan yang bertujuan untuk kelestarian Daerah Tangkapan Air Danau Toba.

"Penghijauan merupakan cara melestarikan lingkungan kita, mengurangi pencemaran/ polusi dan menjamin ketersediaan oksigen. Kegiatan ini merupakan implementasi dari sinergitas antara Kodam I/BB dan Inalum dalam mengembalikan fungsi ekosistem hutan khususnya Danau Toba, dan merupakan tahap awal yang akan berlanjut bahkan melibatkan seluruh kabupaten sekitar Danau Toba dalam melestarikan lingkungan sekitar Danau Toba," jelasnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya