News Rabu, 23 Maret 2022 | 13:03

Gelandang Persebaya Taisei Marukawa Curi Perhatian TV Jepang NHK

Lihat Foto Gelandang Persebaya Taisei Marukawa Curi Perhatian TV Jepang NHK Pemain Persebaya Surabaya Taisei Marukawa. (Foto: Twitter)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Kru NHK, televisi milik Pemerintah Jepang hadir di Tanah Air. Mereka bermaksud membuat liputan tentang pesepakbola Jepang yang merumput di BRI Liga 1.

Nama pesepakbolanya Taisei Marukawa, kini bermain sebagai gelandang di Persebaya Surabaya.

Taisei kabarnya bermain kemilau di klub papan atas itu. Sampai pekan ke-32, Taisei bermain di 30 pertandingan, menyarangkan 16 gol dan melesakkan 8 assists.

Kinclongnya Taisei di liga papan atas Indonesia itulah kemudian yang menyedot perhatian produser NHK Soichiro Taniziwa.  

Mereka kata Taniziwa membuat liputan sejenis feature. Dimulai sejak 19-21 Maret 2022 di Denpasar, Bali. Selepas itu diliput lagi 24-26 Maret 2022.

Baca juga: Klub Milik Raffi Ahmad Rans Cilegon FC Lolos ke Liga 1 2022

Taisei kata Taniziwa menarik karena tak pernah merumput di kasta tertinggi liga Jepang, eh malah bersinar di negara luar.

Padahal banyak pemain Jepang sukses di luar setelah sebelumnya malang melintang di liga Jepang. 

Karier Taisei Marukawa

Selepas kuliah dari Chuo University, Taise merantau ke Senglea Athletic, salah satu tim sepakbola di Malta. 

Pemain berusia 25 itu kemudian lompat ke Valletta, masih klub di Malta. 

Pada Januari 2021, gelandang kelahiran Hiroshima ini hengkang ke klub Latvia, Noah Jurmala. September 2021, kemudian datang ke Persebaya.

Alasan Meliput Taisei

Salah satu alasan meliput pemain ini, menurut Taniziwa, karena banyak pengikutnya di media sosial Instagram begitu merumput di Persebaya Surabaya.

“Ketika pindah ke Persebaya, fakta menarik lain muncul. Saat ini, jumlah followers dia di Instagram sangat banyak. Kami pun sangat terkesan dan menarik untuk memberitakannya,” kata Taniziwa dilansir dari laman LBI, Rabu, 23 Maret 2022. 

Baca juga: Jaga Kualitas Pertandingan, PSSI Bekali Wasit BRI Liga 1

Terhadap Taisei, pihaknya kata Taniziwa, tak cuma wawancara khusus soal sepak terjangnya dalam dunia sepakbola.

NHK kata dia, juga mengulik kehidupan pribadi Taisei di luar lapangan, termasuk komunikasinya dengan sesama pemain Jepang yang bermain di BRI Liga 1.

Tentu saja peliputan NHK ini membuat hati Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita bahagia.

Dia menyebut, karena NHK adalah televisi dengan jaringan luas secara internasional, maka kontennya yang meliput tentang pemain BRI Liga 1, itu sangat menguntungkan.

Kata dia, pemberitaan Taisei bisa mempromosikan BRI Liga 1 2021/2022 ke dunia internasional.

“Mereka salah satu televisi besar dan sangat berpengaruh di Jepang serta memiliki jaringan internasional yang tersebar di puluhan negara. Peliputan itu juga bagian dari keinginan kami untuk mengenalkan Liga 1 ke mancanegara,” kata Akhmad Hadian Lukita.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya