News Jum'at, 04 Maret 2022 | 21:03

Gempa M4,9 Goyang Pandeglang Banten, Tidak Berpotensi Tsunami

Lihat Foto Gempa M4,9 Goyang Pandeglang Banten, Tidak Berpotensi Tsunami Gempa Pandeglang, Banten, Jumat, 4 Maret 2022. (Foto: BMKG)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Terjadi gempa bumi tektonik dengan magnitudo (M) 4,9 pada Jumat, 4 Maret 2022 pukul 20.14 WIB di wilayah Pandeglang, Banten, dan sekitarnya.

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini, episenter terletak pada koordinat 7.06 LS dan 105.38 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 49 Km Barat Daya Sumur Banten pada kedalaman 13 kilometer.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas pensesaran dalam lempeng eurasia.

Dampak gempa yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa dirasakan di wilayah Sumur, Cibaliung, Cimanggu, Panimbang, Cikuesik, Muarabinuangeun, Jiput, Picung,dan Munjul dengan skala intensitas III MMI.

Baca juga: Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Papua, BMKG: Tak Berpotensi Tsunami

Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut.

Hingga pukul 20.59 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan.

Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya