Pilihan Rabu, 12 Oktober 2022 | 12:10

Gugat Ijazah Jokowi ke Pengadilan, Ini Sosok Bambang Tri Mulyono

Lihat Foto Gugat Ijazah Jokowi ke Pengadilan, Ini Sosok Bambang Tri Mulyono Bambang Tri Mulyono. (Foto: Ist)
Editor: Tigor Munte

JakartaIjazah SD, SMP, dan SMA milik Presiden Jokowi dipersoalkan oleh Bambang Tri Mulyono

Menurutnya, ijazah yang digunakan Jokowi saat nyapres 2019 lalu tidak betul asli, sehingga dia kemudian melayangkan gugatan ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada 3 Oktober 2022 lalu.

Gugatan itu teregistrasi dengan nomor perkara: 592/Pdt.G/2022/PN Jkt.Pst.  Para tergugat, selain Jokowi ada KPU RI, MPR, dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Diperoleh informasi, sidang pertama gugatan dugaan  ijazah palsu Jokowi akan dilaksanakan 18 Oktober 2022 di PN Jakarta Pusat.

Bambang Tri selaku penggugat berkeinginan PN Jakarta Pusat menyatakan Jokowi telah melakukan perbuatan melanggar hukum berupa membuat keterangan yang tidak benar dan/atau memberikan dokumen palsu berupa ijazah (bukti kelulusan) SD, SMP, dan SMA atas nama Joko Widodo.

Siapa Bambang Tri? Dipetik dari Tirto.id, dia merupakan penulis buku Jokowi Undercover. Pria kelahiran Blora, Jawa Tengah pada 4 Mei 1971 tersebut, sebelumnya sudah pernah dipidana kasus terkait buku yang dia tulis.

Baca juga:

Dokter Tifa yang Terus dengan Cuitan soal Dugaan Ijazah Palsu Jokowi

Dalam buku Jokowi Undercover, Bambang Tri menulis sisi negatif Jokowi dari sisi opininya sendiri.

Dia ditahan Bareskrim Polri pada 30 Desember 2016. Bukunya dianggap menghina penguasa negara. 

Dia dijerat Pasal 16 UU No 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnik, dan Pasal 28 Ayat 2 UU ITE dan Pasal 207 KUHP tentang penghinaan terhadap penguasa negara. 

Bambang Tri sejak muda memang suka menulis. Disebut suka mengkritik lewat tulisan, termasuk melalui media sosial Facebook.

Kritik dia arahkan ke penguasa dan alat negara seperti polisi. Sejumlah buku karyanya, antara lain, Adam 31 Meter, Mencari Tanda Tangan Tuhan & Ayat-ayat Emas Evolusi dalam Alquran. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya