News Kamis, 10 November 2022 | 12:11

Hari Pahlawan, Pengamat: Bangsa Besar Adalah Bangsa yang Memuliakan Profesi Guru

Lihat Foto Hari Pahlawan, Pengamat: Bangsa Besar Adalah Bangsa yang Memuliakan Profesi Guru Ilustrasi guru. (Foto:Pixabay)

Jakarta - Pengamat pendidikan Universitas Islam Negeri (UIN) Jejen Musfah menegaskan bahwa Pemerintah harus lebih menghargai dan memuliakan profesi guru sebagai pahlawan di dunia pendidikan.

Mengutip keterangan tertulisnya, Kamis, 10 November 2022, hal itu dilakukan demi meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia.

"Kualitas pendidikan ditentukan oleh kualitas gurunya. Maka bangsa besar adalah bangsa yang memuliakan dan menghargai profesi guru," kata Jejen.

Dia berpandangan, kualitas manusia ditentukan oleh kualitas pendidikannya, maka itu penting untuk meningkatkan kesejahteraan guru atau tenaga pendidik dengan memberi penghasilan yang layak.

Dalam praktiknya, saat ini pemerintah belum sepenuhnya memberikan kesejahteraan yang layak kepada guru, meskipun dalam Undang-Undang sudah tertulis tentang kesejahteraan guru.

"Jika serius pemerintah bisa segera menetapkan penghasilan minimum bagi guru. Minimal sama dengan guru ASN," ujarnya.

Selain itu, dia juga meminta agar pemerintah tidak hanya fokus kepada guru Aparatur Sipil Negara (ASN), namun juga memberikan perhatian pada guru swasta.

Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Nasional, Jejen mengungkapkan para siswa di sekolah juga bisa turut serta dalam memaknai perjuangan pahlawan dengan belajar cerdas dan tekun.

"Siswa bisa mencontoh spirit perjuangan pahlawan dengan cara belajar cerdas dan belajar dengan tekun. Belajar apa yang disukai sampai menguasai dan menjadi yang terbaik di bidang tersebut," kata dia.

Lebih lanjut, dia juga berharap siswa terus mengasah kemampuan bahasa dan belajar sampai jenjang pendidikan tertinggi agar kelak menjadi pemimpin yang menentukan kualitas bangsa.

"Persiapkan diri dengan kemampuan bahasa asing dan belajar sampai S3 atau wirausaha, karena mereka kelak akan menjadi pemimpin, akademisi, atau usahawan yang menentukan kualitas bangsa," ucap Jejen.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya