News Senin, 31 Januari 2022 | 17:01

Jadwal Jokowi di Sumatera Utara 2-3 Januari 2022

Lihat Foto Jadwal Jokowi di Sumatera Utara 2-3 Januari 2022 Presiden Jokowi saat akan menghadiri pengukuhan PBNU 2022-2027 di Balikpapan, Kaltim, Senin, 31 Januari 2022. (Foto: Opsi/Setneg)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Diperoleh informasi jadwal kunjungan kerja Presiden Jokowi selama berada di Sumatera Utara, termasuk di Kawasan Danau Toba sejak 2-3 Januari 2022.

Hari pertama, yakni 2 Januari 2022, rombongan Presiden Jokowi akan bertolak dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Bandara Silangit, Tapanuli Utara.

Dari sana presiden dijadwalkan bergerak  meninjau Jalan Balige Bypass di Kabupaten Toba. Setelah itu melanjutkan kunjungan ke Pantai Bebas, Kota Parapat, Kabupaten Simalungun.

Selain meninjau Marina Pantai Bebas yang dibangun pemerintah pusat tersebut, dirangkaikan dengan peninjauan Instalasi Pembuangan Air Limbah (IPAL) di Parapat.

Kemudian rombongan presiden menuju dermaga Pelabuhan Ajibata, Kabupaten Toba. Di sana presiden akan meresmikan sejumlah dermaga di Kawasan Danau Toba yang ditangani Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Usai berkegiatan di situ, presiden menyeberang ke Kabupaten Samosir dengan menaiki kapal feri menuju Pelabuhan Ambarita. Dilanjutkan ke Huta Siallagan, Jalan Lingkar Tuktuk, Desa Siallagan, Kecamatan Pindaraya, Kabupaten Samosir.

Seusai melakukan penandatanganan dan peresmian proyek fasilitas pariwisata, presiden menuju Kampung Ulos Hutaraja, Desa Suhi Lumban Toruan, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir.

Baca juga: Kolaborasi 8 Kabupaten di Kawasan Danau Toba

Selepas acara di sana, presiden menuju dermaga Pelabuhan Ambarita dan menyeberang ke dermaga Pelabuhan Ajibata, selanjutnya menginap di Hotel Niagara, Kota Parapat.

Pada hari kedua, jadwal rombongan presiden menuju Stabat, Kota Binjai, naik helikopter Super Puma TNI AU. Jokowi akan resmikan ruas jalan Tol Binjai-Langsa Seksi 1 Binjai-Stabat.

Dari sana, presiden melanjutkan perjalanan ke Kampung Jeruk, Desa Liang Melas Datas, Kabupaten Karo. Selain meninjau ruas jalan di sana, Jokowi juga akan menyerahkan bantuan tunai langsung kepada pedagang kaki lima dan pemilik warung.

Siang harinya, Jokowi menuju Kabupaten Dairi, guna penyerahan sertifikat tanah secara simbolis kepada warga di sana dan penyerahan bantuan tunai langsung kepada pedagang kaki lima dan pemilik warung.

Dengan menaiki Heli Super Puma milik TNI AU, Presiden Jokowi terbang ke Kabupaten Humbang Hasundutan untuk melakukan penanaman pohon di Desa Simangulampe, Kecamatan Bakti Raja serta penyerahan SK Hutan Sosial dan SK Tora.

Itu adalah acara terakhir Presiden Jokowi, sebelum kemudian bertolak kembali ke Istana Negara melalui Bandara Silangit pada malam harinya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya