Hukum Rabu, 11 September 2024 | 13:09

Jamintel : Penguatan Humas Dukung Citra Positif dan Tingkatkan Kepercayaan Publik

Lihat Foto Jamintel : Penguatan Humas Dukung Citra Positif dan Tingkatkan Kepercayaan Publik Sesjamintel, Sarjono Turin memberikan sambutan acara Kehumasan Kejaksaan Agung. (Foto : Humas)
Editor: Richard Saragih

Jakarta,- Pusat Penerangan Hukum (Puspenkum) Kejaksaan Agung menggelar workshop Kehumasan Pusat Penerangan Hukum (Puspenkum) Tahun 2024 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Selasa (10/9/2024).

Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan peran Humas Kejaksaan RI dalam eksistensi pemberitaan citra positif melalui media massa dan media online, serta penegakan hukum yang profesional, akuntabel dan humanis demi meningkatnya public trust serta menjaga marwah Institusi Kejaksaan.

Dalam sambutannya, Jaksa Agung Muda Intelijen (Jamintel) Reda Manthovani menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada jajaran Puspenkum baik di pusat maupun daerah yang telah bekerja keras mewujudkan public trust terhadap institusi kejaksaan.

“Sehingga lembaga kita mendapat kepercayaan publik paling tinggi di antara aparat penegak hukum lainnya,” ucap Reda Manthovani melalui Sesjamintel, Sarjono Turin.

Pada penutupan Rapat Kerja Teknis Tahun 2024 yang lalu, Jaksa Agung menyampaikan amanat untuk melaksanakan publikasi kinerja dengan memedomani Instruksi Jaksa Agung (INSJA) Nomor 1 Tahun 2021 tentang Publikasi Kinerja dan Pemberitaan Positif Mengenai Kejaksaan di Media Massa dan Media Sosial untuk counter pemberitaan negatif sekaligus membentuk citra posistif institusi.

“Amanat bapak Jaksa Agung tersebut bisa menjadi titik balik bagaimana kinerja Puspenkum dari sisi Kehumasan. Puspenkum harus lebih optimal dalam mengemas setiap keberhasilan kinerja Kejaksaan secara real time dan menarik bagi publik. Tak hanya itu, diperlukan inovasi dan terobosan agar public trust institusi kejaksaan semakin meningkat,” imbuh Reda.

“Melalui workshop kehumasan ini, saya berharap para peserta mendapatkan tambahan ilmu dan pamahaman tentang bagaimana mempersiapkan bahan publikasi yang baik, bagaimana menulis press release yang baik, melakukan kajian dan analisa isu menarik, serta dapat menyajikan informasi dan publikasi secara menarik dan mudah diterima oleh masyarakat,” pungkasnya.

Acara Workshop Kehumasan dengan tema “Penguatan Peran Tenaga Humas Kejaksaan dalam Eksistensi Pemberitaan Citra Positif Melalui Media Massa dan Media Online” menghadirkan narasumber yang kompeten dari Tim Redaksi media TEMPO.

Mereka antara lain Digital PR Consultant Tuhu Nugraha, Redaktur Utama Rini Kustiani, Redaktur Foto Majalah TEMPO Gunawan Wicaksono, Senior Copywriter Fadel Yulian dan Communication Strategist Deputi IV Kantor Staf Presiden Prita Laura.

Kegiatan ini diikuti oleh 80 peserta yang terdiri dari jajaran Pusat Penerangan Hukum serta Kepala Seksi Penerangan Hukum dan jajaran penerangan hukum di seluruh Indonesia.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya