News Rabu, 23 Februari 2022 | 13:02

Jokowi: Membangun IKN Nusantara Akan Cerminkan Identitas Nasional

Lihat Foto Jokowi: Membangun IKN Nusantara Akan Cerminkan Identitas Nasional Presiden Jokowi saat menghadiri Rakernas Basarnas dari Istana Negara Jakarta, Senin, 21 Februari 2022. (foto: YouTube).

Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan membangun Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur akan menunjukkan kebesaran bangsa Indonesia, mencerminkan identitas Nasional, serta mewujudkan keberlanjutan sosial, ekonomi dan lingkungan.

Oleh karena itu, menurutnya, pembangunan IKN juga berperan penting dalam melakukan transformasi budaya manusia Indonesia yang baru dan relevan dengan perkembangan masa kini, serta siap untuk masa depan.

Baca juga: Jokowi Pastikan Pembangunan IKN Dimulai dari Reboisasi Hutan

Transformasi budaya manusia itu, kata Jokowi, dimulai dari merawat alam dan lingkungan, serta menggunakan material alam dan berbasis energi baru terbarukan.

Presiden Jokowi meyakini bahwa IKN Nusantara akan menjadi kota yang ramah lingkungan karena dapat dijangkau dalam 10 menit, penggunaan transportasi publik sebesar 80 persen, cakupan area hijau 70 persen, dan pengurangan temperatur sebesar 2 derajat.

Baca juga: Jokowi Heran Pemindahan IKN Masih Dipertentangkan

Presiden pun menegaskan bahwa pemindahan IKN dari Jakarta ke Pulau Kalimantan bukan sekadar memindahkan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan membangun gedung-gedung pemerintah.

"Namun, ini adalah lompatan bagi bangsa Indonesia untuk melakukan transformasi bangsa menuju Indonesia maju," kata Presiden Jokowi secara daring, Rabu, 23 Februari 2022. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya