News Sabtu, 13 Agustus 2022 | 17:08

Junjung Tinggi Komunitas Adat, Daya Pikat Desa Wisata Undisan Bangli 

Lihat Foto Junjung Tinggi Komunitas Adat, Daya Pikat Desa Wisata Undisan Bangli  Desa Wisata Undisan terdapat berbagai homestay yang menawarkan fasilitas dan kegiatan menarik bagi wisatawan. (Foto: Kemenparekraf)
Editor: Tigor Munte

Bali - Desa Wisata Undisan berada di Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli, Bali.

Masyarakat Desa Undisan kebanyakan berprofesi sebagai petani, peternak, dan pengrajin kerajinan bunga emas dan perak. 

Ini kemudian dikemas dengan sangat baik oleh pengelola Desa Wisata Undisan.

Ditopang suasana alam yang asri dan sejuk, membikin Desa Wisata Undisan menawarkan pariwisata yang memiliki daya tarik tinggi. Pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan. 

Desa Wisata Undisan di bawah naungan Desa Adat Undisan Kelod masih menjaga kelestarian seni dan budaya, dengan diperkuat oleh awig-awig atau peraturan desa adat.

Beberapa kegiatan budaya yang masih terus dilakukan, antara lain peparuman adat, pelestarian pura, subak, pengadaan Upacara Ngaben, serta pelestarian tarian sakral.

Di Desa Wisata Undisan terdapat berbagai homestay yang menawarkan fasilitas dan kegiatan menarik bagi wisatawan. 

Baca juga:

Joker Manteb, Kembalikan Kejayaan Pasar Tradisional di Temanggung

Di antaranya belajar tari dan melihat penampilan para penari dalam balutan busana daerah, menikmati sajian kuliner khas, serta wisatawan juga bisa ikut dalam proses pembuatan.

Tak heran desa ini menembus daftar 50 besar desa wisata terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Pengelolaan Desa Wisata Undisan adalah salah satu yang terbaik karena mengedepankan pariwisata berbasis masyarakat yang menjunjung tinggi komunitas adat.

"Saya mengucapkan selamat kepada Desa Wisata Undisan karena telah menjadi 50 desa wisata terbaik Indonesia Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022," kata Menparekraf Sandiaga Uno saat berada di desa itu, Jumat, 12 Agustus 2022.

Kata dia, desa ini adalah best of the best. Di mana pariwisata berbasis masyarakat, komunitas adat yang sangat dijunjung tinggi. 

Juga mengedepankan prinsip-prinsip digitalisasi yang berkelanjutan dan diharapkan mampu menjadi inspirasi bagi daerah wisata yang lain.

Ia berharap Desa Wisata Undisan berhasil menjadi yang terbaik di antara tujuh kategori dalam ADWI 2022. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya