News Selasa, 22 November 2022 | 10:11

Kiper Belanda Andries Noppert, Nyaris Pensiun dari Bola dan Disarankan Jadi Polisi

Lihat Foto Kiper Belanda Andries Noppert, Nyaris Pensiun dari Bola dan Disarankan Jadi Polisi Kiper Belanda Andries Noppert. (Foto: Twitter)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Timnas Belanda membukukan kemenangan di laga awal Grup A Piala Dunia Qatar 2022 saat melawan wakil Afrika, Senegal pada Selasa, 22 November 2022 dini hari WIB.

Belanda menang 2-0 atas juara Piala Afrika 2022 itu. Dua gol lahir di menit krusial, yakni menit ke-84 oleh Cody Gakpo dan menit ke-90+9 oleh Davy Klaassen. 

Senegal bukan tidak memberikan ancaman untuk Tim Orange asuhan Louis van Gaal. Meski tanpa Sadio Mane, pasukan Aliou Cisse mampu memberikan tekanan ke lini pertahanan Belanda.

Serangan demi serangan cukup merepotkan penjaga gawang Belanda, Andries Noppert. Namun berkat penampilan gemilangnya, kiper berusia 28 itu mampu memblok sejumlah tendangan yang menyasar ke gawang yang dijaganya.

Meski ini debutnya di Piala Dunia, Andries Noppert mencatatkan clean sheet. Kiper dengan postur tubuh setinggi 203 sentimeter itu menorehkan empat save gemilang dalam laga tersebut.

Pada menit ke-65, dia misalnya berhasil menahan tendangan Boulaye.

Andries Noppert, pemain kelahiran Heerenveen, Belanda tersebut merupakan pemain paling jangkung di Piala Dunia Qatar 2022.

Punya catatan unik, lantaran saat bergabung timnas sudah cukup berumur, yakni 28 tahun. Dia bahkan sempat tidak menjadi pilihan utama van Gaal di bawah mistar timnas Belanda.

Baca juga:

Piala Dunia Qatar 2022, Grup A: Tanpa Mane, Senegal 0 Belanda 2

Pemain SC Heerenveen, ternyata dipasang sebagai starter. Kepercayaan itu dibayarnya lunas dengan aksi gemilangnya.

Tiga tahun lalu, Andries Noppert masih bermain di klub tak populer dan bukan kiper utama.

Pada tahun 2019, Andries Noppert merupakan kiper cadangan klub Serie B Italia, Foggia yang kemudian terdegradasi di akhir musim.

Pada tahun 2020, Noppert disarankan pensiun saat mengalami cedera parah bersama klub Dordrecht. 

Sejak itu kemudian dia tak punya klub, persisnya Juli 2022 hingga Januari 2022 lalu. Istrinya bahkan sempat menyarankannya untuk menjadi polisi, dan berhenti sebagai pemain sepak bola.

Namun pada tahun 2022, van Gaal justru memasukkannya sebagai starting XI timnas Belanda di Piala Dunia Qatar 2022.[]



Berita Terkait

Berita terbaru lainnya