Hiburan Senin, 08 Juli 2024 | 19:07

Kompetisi Indonesia International Piano Competition (IIPC) 2024 Resmi Bergulir

Lihat Foto Kompetisi Indonesia International Piano Competition (IIPC) 2024 Resmi Bergulir Dokumentasi kompetisi piano internasional, Indonesia International Piano Competition (IIPC). (Foto: Istimewa)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Kompetisi piano internasional terbesar di Indonesia, Indonesia International Piano Competition (IIPC) 2024 resmi digelar di Pusat Perfilman H. Usmar Ismail, Kuningan, Jakarta Selatan mulai 8 Juli hingga 14 Juli 2024.

President of IIPC, Helen Gumanti mengatakan bahwa acara besutan Yayasan Cipta Pribadi Unggul ini, melanjukan kesuksesan perhelatan perdananya pada 2029 silam, dengan skala yang lebih besar dan partisipasi internasional yang lebih luas.

Pendaftaran ulang peserta telah dilaksanakan pada 7 Juli 2024, dan kompetisi resmi dimulai pada 8 Juli 2024. Final round dan pengumuman pemenang kategori profesional akan diadakan pada hari Minggu, 14 Juli 2024.

Puncak acara ini adalah dengan digelarnya acara di mana para finalis kategori profesional mempersiapkan piano concerto yang akan diiringi oleh Jakarta Concert Orchestra.

"Saya merasa sangat gembira dan bangga menyambut pecinta musik klasik, khususnya piano di acara bergengsi ini," ucap Helen, dikutip Opsi pada Senin, 8 Juli 2024.

"Kompetisi Piano Internasional Indonesia berfungsi sebagai panggung global yang didedikasikan untuk meningkatkan seni dan pendidikan pianis klasik yang bercita-cita tinggi dalam perjalanan musik mereka. Misi kami adalah menciptakan ekosistem di mana bakat dapat berkembang dan musisi muda dapat mencapai potensi tertinggi mereka," tuturnya.

Helen lebih lanjut mengatakan bahwa pada perhelatannya tahun ini sekaligus menandai iterasi kedua dari kompetisi IIPC, dengan acara perdana yang diadakan pada tahun 2019 silam.

"Kami sangat senang menyaksikan antusiasme dan partisipasi yang luar biasa dari komunitas global, menyambut ratusan pianis lebih dari delapan negara dan juri internasional yang terhormat," ujarnya.

Penyelenggaraan kompetisi IIPC dirancang untuk menjadi salah satu kompetisi piano paling bergengsi di kawasan Asia Pasifik, dan berkomitmen untuk memajukan musik klasik dan mendukung generasi pianis di Indonesia, terutama generasi muda, agar dapat membawa nama musik klasik indonesia ke skala global.

Tahun ini, IIPC 2024 menarik lebih dari 133 peserta dari 10 negara, seperti Indonesia, Jepang, Vietnam, Australia, Korea Selatan, Thailand, Kanada, Amerika Serikat, Singapura, dan Selandia Baru.

Dokumentasi kompetisi piano internasional, Indonesia International Piano Competition (IIPC). (Foto: Istimewa)

Para peserta akan dinilai oleh 11 juri ternama dari 8 negara, termasuk Amerika Serikat, Bulgaria, Jepang, Jerman, Korea Selatan, Malaysia, Perancis, dan Singapura. Para juri merupakan maestro piano berpengalaman yang diakui di dunia internasional.

Di antara para juri, kami sangat bangga memperkenalkan Andreas Frölich, profesor di Hochschule für Musik und Tanz Köln - Aachen dan Kalaidos Musikhochschule Zürich, yang juga menjadi profesor tamu di berbagai akademi musik internasional. Andreas telah membimbing lebih dari 150 pemenang di kompetisi piano internasional.

Ada juga Pascal Nemirovski, salah satu guru piano paling dicari di dunia. Banyak murid-muridnya telah memenangkan berbagai penghargaan internasional. Pascal juga merupakan pendiri IPM. Center, platform inovatif untuk pengembangan pianis muda.

Tak ketinggalan, Rachel Naomi Kudo, pemenang pertama Kompetisi Internasional Johann Sebastian Bach di Leipzig. Rachel dikenal karena permainannya yang menyentuh hati dan teknis sempurna. Dia berkomitmen membimbing generasi musisi muda berikutnya.

Selain ketiga juri di atas, turut hadir pula juri lainnya seperti Avguste Antonov, Benjamin Loh, Dainius Vaičekonis, Ivan Yanakov, Ji Na Kim, Mirella Petrova, dan Wong Chee Yean. Nantinya para peserta akan unjuk kemampuan mereka di depan para juri, dan peserta akan terbagi dalam berbagai kategori usia dan tingkat kemampuan, yaitu:

  • Professional Senior Category (18 – 32 tahun)
  • Professional Junior Category (Di bawah 18 tahun)
  • Collaborative Piano 1 Category (18 – 32 tahun)
  • Collaborative Piano 2 Category (Di bawah 18 tahun)
  • Amateur Category (33 tahun ke atas)
  • Senior Category (Di bawah 18 tahun)
  • Junior Category (Di bawah 15 tahun)
  • Intermediate Category (Di bawah 13 tahun)
  • Category 1 (Di bawah 10 tahun)
  • Category 2 (Di bawah 8 tahun)

Di tahun ini IIPC juga menunjukkan pertumbuhan yang baik, karena hadirnya rangkaian-rangkaian yang sebelumnya belum pernah dilakukan, yaitu menyelenggarakan masterclass dan piano recital yang terbuka untuk umum.

Masterclass akan diadakan pada 10-14 Juli 2024 oleh para juri, termasuk Pascal Nemirovski, Andreas Frölich, Avguste Antonov, Rachel Naomi Kudo, dan Miki Aoki.

Piano recital akan berlangsung pada 10-13 Juli 2024, menampilkan para juri seperti Andreas Frölich, Avguste Antonov, Miki Aoki, Rachel Naomi Kudo, serta para peserta.

Dokumentasi kompetisi piano internasional, Indonesia International Piano Competition (IIPC). (Foto: Istimewa)

Hal menarik lainnya di tahun kedua penyelenggaraan IIPC, finalis-finalis profesional akan berkolaborasi dengan Jakarta Concert Orchestra yang dipimpin oleh Avip Priatna, yang terbukti telah mencapai pengakuan internasional.

Perkembangan ini menunjukkan bahwa IIPC membuktikan adanya pencapaian baru, di level yang lebih tinggi secara pendidikan dan kualitas penyelenggaraan kompetisi piano di taraf internasional.

Dengan ini, IIPC mengajak semua pihak, termasuk pemerintah untuk memberi dukungan atas terselenggaranya kompetisi berskala internasional ini untuk kemajuan musik dan musisi klasik di indonesia.

"Mari kita, para pemerhati pendidikan, pemerhati musik dan stakeholder lainnya, sekaligus pemerintah, memberikan sumbangsih khususnya di bidang pendidikan dan pariwisata agar kompetisi ini bisa terus diadakan dengan skala dan impact yang lebih besar kedepannya," kara Helen Gumanti.

"Sehingga tidak hanya dapat memajukan musik Indonesia, khususnya musisi klasik di Indonesia, tapi juga dapat mendukung dan terintegrasi dengan sektor-sektor pariwisata lain di Indonesia," tuturnya.

Salah satu bentuk dukungan tersebut adalah dengan datang dan menyaksikan rangkaian acara yang akan berlangsung di IIPC 2024. IIPC dengan bangga mengundang publik untuk menonton piano recital dan menikmati pertunjukan musik klasik internasional yang luar biasa.

Baca juga: Usung Tema Motif: Ramalan, ARTJOG 2024 Bakal Dihelat Selama 65 Hari

Baca juga: Ke ARTJOG 2024, Puan Maharani Terkesima Lihat Karya Seniman Hingga Beli Lukisan untuk Charity

Informasi lebih lanjut mengenai cara menonton dan menghadiri acara ini, bisa diakses melalui situs www.indonesiainternationalpianocompetition.com atau akun resmi Instagram kami di @iipc.official. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya