Daerah Kamis, 04 Juli 2024 | 17:07

Kota Pematangsiantar Raih Juara 1 NSI Investment Challenge 2024

Lihat Foto Kota Pematangsiantar Raih Juara 1 NSI Investment Challenge 2024 Kota Pematangsiantar raih Juara I North Sumatera Invest (NSI) Investment Challenge (NICe) 2024. (Foto:Istimewa)

Siantar - Kota Pematangsiantar meraih Juara I North Sumatera Invest (NSI) Investment Challenge (NICe) 2024. Kegiatan ini merupakan kolaborasi Pemerintah Provinsi Sumatra Utara (Sumut) dan Bank Indonesia (BI).

Pemerintah Provinsi Sumut dan BI bersinergi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Sumut dalam NSI sebagai upaya mendorong kinerja investasi. 

Salah satu kegiatan NSI adalah NICe 2024 untuk dapat menjaring proyek investasi strategis di Sumut yang siap dipromosikan secara luas.

NICe merupakan penjajakan proyek investasi strategis kabupaten/kota di Sumut pada periode Februari-Juni 2024. Kegiatan ini diikuti oleh kabupaten/kota se-Sumut dengan mengajukan usulan proyek dari daerahnya masing-masing. 

Mulai pengajuan Dokumen Studi Pendahuluan, Tahap 15 Besar, Tahap 5 Besar, hingga penentuan juara yang diadakan di Hotel Santika Dyandra Medan, Selasa, 2 Juli 2024.

Ulasan terhadap dokumen yang diusulkan kabupaten/kota dilakukan Tim NSI bersama Kementerian Investasi/BKPM, Kementerian PPN/Bappenas, dan PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII).

Kegiatan ini merupakan penilaian akhir dari keseluruhan rangkaian kegiatan NICe 2024, yang dibuka Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sumut Faisal Aris Nasution dan Deputi Kepala Kantor Perwakilan (KPw) BI Sumut Yura A Djalins.

Pemko Siantar di bawah kepemimpinan Wali Kota Susanti Dewayani menawarkan peluang investasi Pengembangan Layanan Unggulan Jantung dan Stroke pada RSUD dr Djasamen Saragih, di ajang NICe 2024.

Hasil penilaian akhir, Kota Pematangsiantar meraih Juara I. Sedangkan Juara II Kabupaten Karo dengan peluang investasi Pembangunan TPST dan TPA; Juara III Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) dengan peluang investasi Pembangunan Objek Wisata Seribu Goa.

Kemudian Juara IV Kota Gunungsitoli dengan peluang investasi Kawasan Wisata Muara Indah, dan Juara V Kabupaten Toba dengan peluang investasi Agrowisata Lumbanjulu.

Usulan proyek tersebut selanjutnya akan ditindaklanjuti oleh kabupaten/kota pemenang untuk konsultasi publik, penajaman data dan analisa sampai menjadi proyek yang siap untuk ditawarkan kepada investor.

Penghargaan untuk Pemko Siantar diterima oleh Kepala DPMPTSP Sofie M Saragih. Turut hadir, Kepada Bappeda Kota Pematangsiantar Dedy Idris Harahap dan Direktur RSUD dr Djasamen Saragih dr Aulia Sukri Sambas.

Sebelumnya, Wali Kota Pematangsiantar Susanti Dewayani menyambut kunjungan Delegasi Konsul Jenderal dan Konsulat Kehormatan sejumlah negara dalam rangka Site Visite Proyek Investasi Strategis, di Gedung Serbaguna Pemko Pematangsiantar, Selasa, 25 Juni 2024. 

Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Sumut Arief S Trinugroho menyematkan topi PON kepada Wali Kota Susanti yang tujuannya untuk menggaungkan dan menyukseskan PON XXI Aceh-Sumut September mendatang. Apalagi Kota Pematangsiantar merupakan tuan rumah PON untuk cabang olahraga tinju.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya