Daerah Minggu, 04 Juni 2023 | 17:06

Lomba Menulis Opini Bulan Bung Karno, Cara Jamaluddin Idham Tumbuhkan Spirit Pancasila

Lihat Foto Lomba Menulis Opini Bulan Bung Karno, Cara Jamaluddin Idham Tumbuhkan Spirit Pancasila Lomba menulis Opini. (Foto: Ist)
Editor: Rio Anthony Reporter: , Syamsurizal

Aceh - Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Nagan Raya, Jamaluddin Idham melaksanakan lomba menulis opini dalam rangka memperingati Bulan Bung Karno.

Lomba ini mengusung tema “Spirit Pancasila Sebagai The Way of Life dan Dasar Tujuan Bernegara” sebagai pengingat bahwa Pancasila dan Spirit Pancasila tidak hanya menjadi retorika semata, tetapi juga harus diwujudkan dalam tindakan dan perilaku nyata dari seluruh elemen masyarakat Indonesia.

“Lomba ini bertujuan untuk mengedukasi dan meningkatkan pemahaman peserta tentang peran dan kontribusi Bung Karno dalam sejarah Indonesia,” kata Jamaluddin Idham, Minggu 4 Juni 2023.

Melalui penulisan opini, Jamaluddin Idham berharap para peserta dapat mempelajari dan menganalisis secara mendalam pandangan-pandangan Bung Karno dalam meletakkan dasar negara Indonesia serta dampaknya terhadap perkembangan bangsa saat ini.

“Dengan menjadikan Spirit Pancasila sebagai dasar tujuan bernegara, diharapkan Indonesia dapat mencapai kemajuan dan keharmonisan dalam semua aspek kehidupan bangsa,” ujarnya.

Menurutnya, penerapan Spirit Pancasila sebagai dasar tujuan bernegara merupakan langkah penting dalam menjaga stabilitas, kemajuan, dan harmoni dalam masyarakat Indonesia.

Jamaluddin Idham yang juga Direktur PT Ujong Neubok Dalam (UND) itu menegaskan, semangat pancasila tidak hanya menjadi pedoman bagi pemerintah, tetapi juga sebagai tindakan setiap warga negara untuk berkontribusi pada pembangunan dan kehidupan berbangsa yang bermartabat.

“Pandangan-pandangan Bung Karno tentang kebudayaan dan sosial mencerminkan komitmennya untuk menciptakan masyarakat yang berkeadilan, merdeka, dan mandiri. Ia percaya bahwa kebudayaan dan sosial merupakan fondasi yang kuat dalam mencapai tujuan revolusi dan pembangunan nasional,” kata Jamaluddin.

Pandangan-pandangan Bung Karno, sebut Jamaluddin, masih relevan hingga saat ini dan menjadi inspirasi dalam menjaga keberagaman budaya, mengatasi ketimpangan sosial, serta membangun masyarakat yang inklusif dan berkeadilan.

Maka dari itu, Jamaluddin mengatakan lomba penulisan opini ini juga memberikan kesempatan bagi peserta untuk mengekspresikan wawasan dan kreativitas mereka dalam menafsirkan dan mengartikulasikan pemikiran Bung Karno.

"Peserta diharapkan dapat menyampaikan ide-ide mereka dengan cara yang unik, persuasif, dan bermakna. Sehingga dapat memberikan kontribusi positif terhadap pembangunan dan kemajuan bangsa," ujarnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya