News Kamis, 02 Juni 2022 | 08:06

Megawati Minta Ahli Sejarah Teliti Kembali Terkait Indonesia Dijajah Belanda 3,5 Abad

Lihat Foto Megawati Minta Ahli Sejarah Teliti Kembali Terkait Indonesia Dijajah Belanda 3,5 Abad Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri. (Foto: Opsi/Ist)
Editor: Rio Anthony

Jakarta - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang juga mantan Presiden RI ke-5, Megawati Soekarnoputri meminta ahli sejarah untuk mengecek kembali kebenaran Indonesia yang disebut-sebut dijajah Belanda selama 350 tahun. 

Dia mengaku heran, pasalnya tidak ada yang bertanya-tanya mengapa Indonesia bisa dijajah selama itu.

Hal ini disampaikan Megawati saat menjadi pembicara kunci di seminar nasional bertajuk ``Membumikan Ide dan Gagasan Soekarno-Hatta``. 

Di hadapan rektor dia pun mengungkapkan perlu di teliti kebenaran tersebut. Apakah memang benar kita dijajah selama itu.

"Pertanyaannya kenapa kok kita sampai dijajah selama itu. Itukan yang sering tidak mau diutarakan. Kebetulan ini berkumpul para rektor, saya juga minta kepada para ahli sejarah," kata Megawati, Rabu 1 Juni 2022. 

"Saya bilang begini, tolong dong di teliti ya bahwa apa betul, Indonesia ini dijajah oleh yang namanya Belanda itu sampai 350 tahun," tambahnya. 

Dia mengaku heran kenapa kita nyaman dijajah, bahkan sampai beranak cucu berkaali-kali 

"Kok enak banget ya orang Indonesia? kesenangan dijajah sampai ibu-ibunya, maaf sekali, terus beranak, berarti itukan berapa generasi gitu," herannya.

Menurut Megawati, masyarakat saat itu memang melakukan perlawanan bagi daerah-daerahnya masing-masing. Barulah ada kesadaran untuk bersatu saat dipelopori oleh Soekarno, Hatta, dan Sjahrir. 

"Meskipun ada perlawanan pahlawan-pahlawan, tapi itu semua kedaerahan. Kristalisasinya baru menggumpal, ya, itukan ketika ada namanya Bung Karno, Pak Hatta, Pak Sjahrir," tutupnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya